Mohon tunggu...
Damaiva Akma
Damaiva Akma Mohon Tunggu... 🌱🌱🌱

Earth provides enough to satisfy every man's needs, but not every man's greed. -Mahatma Gandhi-

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tugas Mata Kuliah Prof. Dr. Apollo (Daito) - Akuntansi Lingkungan untuk Pembangunan Berkelanjutan

7 April 2020   04:23 Diperbarui: 13 April 2020   16:06 79 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tugas Mata Kuliah Prof. Dr. Apollo (Daito) - Akuntansi Lingkungan untuk Pembangunan Berkelanjutan
Dok.pribadi

Akuntansi lingkungan adalah sistem untuk mengindeks, mengorganisir, mengelola dan mengirimkan data dan informasi tentang lingkungan melalui indikator fisik serta keuangan. Ini merupakan alat yang sangat diperlukan untuk menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan dan sarana untuk memastikan pelestarian lingkungan.

Instrumen analisis ekonomi konvesional pada kenyataannya tidak Memiliki dampak yang berarti dalam mengukur secara andal efektivitas kebijakan lingkungan yang diterapkan atau dampak kebijakan ekonomi terhadap lingkungan. Oleh karena itu perlu untuk mengadopsi pemantauan lingkungan dan sistem informasi yang sesuai yang dapat berfungsi sebagai dasar untuk pengambilan keputusan baik dalam perusahaan maupun pemerintahan.

Dengan mengambil langkah ini, para pemegang keputusan akan dapat melaporkan hasil lingkungan dari tindakan mereka kepada masyarakat, mengandalkan data yang dapat diandalkan dan terus memperbarui informasi tentang keadaan lingkungan, untuk memasukkan variabel "lingkungan" ke dalam proses pengambilan keputusan resmi di setiap tingkat pemerintahan dan perusahaan untuk membuat dampak lingkungan dari kebijakan lebih transparan.

Saat ini, alat analisis ekonomi konvensional tidak memungkinkan untuk memastikan apakah kebijakan lingkungan yang diterapkan efektif atau apa dampak kebijakan ekonomi terhadap lingkungan. Secara khusus, biaya lingkungan yaitu biaya yang harus dikeluarkan untuk mempertahankan kumpulan sumber daya alam pada tingkat yang sesuai dengan awal periode dilakukannya, selalu sebagian besar dihilangkan dari analisis ekonomi berdasarkan instrumen akuntansi konvensional.

Atas dasar yang sama dengan semua sistem akuntansi, akuntansi lingkungan menyajikan gambaran obyektif tentang keadaan, dan perubahan dalam, warisan alam, interaksi antara ekonomi dan lingkungan, dan pengeluaran untuk tindakan pencegahan, perlindungan lingkungan dan perbaikan Kerusakan lingkungan.

Oleh karena itu, akuntansi lingkungan merupakan alat yang penting untuk menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan, yaitu pembangunan yang tidak membahayakan sumber daya yang dibutuhkan untuk kehidupan dan pembangunan generasi mendatang di bumi.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Seperti pada sektor kehutanan misalnya yang telah lama memainkan peran penting dalam mendukung pembangunan ekonomi, mata pencaharian masyarakat pedesaan dan dalam menyediakan layanan lingkungan. Namun, sumber daya ini belum dikelola secara berkelanjutan atau adil. Salah satu penyebabnya adalah terlepas dari investasi besar dalam kebijakan lingkungan dan sumber daya alam, implementasi aktual dari peraturan dan prosedur sangatlah buruk dan lambat karena lemahnya komitmen oleh lembaga-lembaga sektor serta kesadaran yang masih sangat minim terhadap dampak negatif dari kerusakan lingkungan bagi pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Maka disinilah peran penting Akuntansi lingkungan dalam pemerintahan maupun perusahaan sebagai salah salah satu elemen perekonomian dalam proses pembangunan berkelanjutan.

Terimakasih telah membaca artikel ini .

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x