Mohon tunggu...
Daisy Daisy
Daisy Daisy Mohon Tunggu... Lainnya - Digital Marketing Specialist

Food Science & Technology graduate, passionate in food, culinary, and cooking!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Teknik dan Cara Potong Udang ala Chef untuk Berbagai Hidangan

16 Mei 2024   15:04 Diperbarui: 5 Juli 2024   16:03 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berencana untuk membuat hidangan udang di rumah? Sebelum mulai masak, ada baiknya kamu mengetahui berbagai cara potong udang berdasarkan jenis masakan. Meski terkesan simple, dengan mengikuti tips ini masakan udang milikmu akan tampil lebih cantik dan sempurna bak masakan di restoran! Nah, simak ulasan selengkapnya di bawah, ya! 

Cara Potong Udang untuk Berbagai Resep Masakan 

Udang termasuk salah satu jenis seafood yang cocok diolah menjadi berbagai jenis masakan. Mulai dari tumisan, digoreng, dimasak bersama sup, sampai dibakar atau grilling. Tapi, tahukah kamu teknik mengupas kulit dan memotong udang bisa kamu sesuaikan dengan jenis masakan?  

Udang tempura dan udang bakar misalnya, kedua masakan ini membutuhkan cara potong udang yang berbeda. Lalu, seperti apakah itu? Chef Devina Hermawan lewat channel Youtube pribadinya menjelaskan tentang berbagai teknik persiapan masak udang untuk aneka masakan. Ini dia ulasannya. 

1. Ebi Furai atau Udang Tempura 

Untuk membuat hidangan khas Jepang ini, kamu perlu mempersiapkan udang yang berbentuk lurus memanjang. Jadi, proses penepungan akan jadi lebih sempurna dan udang tidak melengkung ketika digoreng. 

Caranya yaitu kupas terlebih dahulu udang, tapi sisakan bagian ujung ekor. Berikutnya, gunakan pisau kecil yang tajam untuk mengiris perut udang sebanyak 2-3 kali. Setelah itu, pijat udang dan bentuk menjadi lurus. Terakhir, gunting ujung ekor udang agar lebih rapi dan mekarkan ketika akan kamu goreng. 

Dengan cara ini, udang tempura atau ebi furai buatanmu akan tetap lusus dan terlihat makin menggoda. Mirip dengan ebi furai ala restoran Jepang, nih! 

2. Udang Bakar 

Sumber: Kulineat
Sumber: Kulineat

Buat kamu yang pernah mencicipi Udang Bakar Jimbaran, pasti kamu setuju kalau hidangan satu ini selalu berhasil bikin ketagihan. Selain karena bumbunya yang nikmat, udang juga terasa empuk dan juicy. Ternyata, ini juga tak lepas dari cara mempersiapkan udang yang tepat, lho! 

Teknik butterfly cut digunakan untuk mempersiapkan udang yang ingin dibakar atau grill. Sesuai namanya, hasil potongan udang berbentuk terbuka dan lebar. Jadi, daging terlihat lebih besar dan hasil panggangan jadi lebih merata. 

Pertama, gunting bagian kumis dan kaki udang agar rapi. Lalu, iris kulit udang bagian atas dari ujung ekor sampai ke bagian kepala. Iris hingga udang terbelah jadi dua, tapi jangan sampai putus. Bagian atas daging yang terbuka sangat cocok untuk diberi tambahan keju leleh menggunakan alat torch.  

3. Udang Goreng Tepung

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun