Mohon tunggu...
Dailymonthly
Dailymonthly Mohon Tunggu... Freelancer - Just Another Blog

Budayakan Membaca Dailymonthly | Prima H. I have been writing for over 10 years. I have written on various topics such as politics, technology, and entertainment. However, my true passion lies in writing about comprehensive analysis and from various points of view. I believe that writing from multiple perspectives allows me to explore my subjects, settings, and moral gray areas from a wider variety of perspectives, which sustains complexity and keeps the reader interested. I have written several articles on this topic and am considered an expert in the field.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Media Sosial, Aku Bukan Robot ataupun Kelinci Percobaan

9 Agustus 2019   22:33 Diperbarui: 9 Agustus 2019   22:40 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media Sosial | Adobe Spark

Aku bukan Robot ataupun Kelinci Percobaan.

Apakah Aku berada di sebuah kandang algoritma yang tak terlihat bak kelinci percobaan?

Aku bukan Robot ataupun Kelinci percobaan.

Setiap detik demi detik perilaku ku diamati dipelajari dengan sangat teliti.

Akankah nantinya perilaku ku,  pikiranku di manipulasi dan dipengaruhi oleh orang-orang dibalik Algoritma yang tidak terlihat ini?

Kecanduan. Gejala awal mulai terlihat.
Karena itu Aku sangat rentan di pengaruhi.

Bagaimana jika apa yang Aku lakukan,  Apa yang Aku inginkan, dan Apa yang Aku pikirkan saat ini bukan murni dari diriku tetapi hasil dari manipulasi Algoritma mereka.

Aku takut kehilangan kontak dengan dunia nyata.
Aku takut dunia yang Aku tempati menjadi gelap.

Aku bukan Robot ataupun Kelinci percobaan.

Dunia ini membutuhkan Manusia seutuhnya.

Sekarang tergantung kita,
Apakah kita dapat membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun