Mohon tunggu...
Daffa Herdatama
Daffa Herdatama Mohon Tunggu... lanjang

berusaha menjadi yg terbaik

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Jurnal Peradaban Islam Masa Kini

23 September 2019   12:00 Diperbarui: 23 September 2019   12:10 0 0 0 Mohon Tunggu...

 Islam diturunkan ke bumi, dan disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW, sebagai rahmatan lil 'alamin, mengentaskan manusia dari zaman jahiliyah menuju kehidupan yang lebih terarah. Terbukti dari sekian tatanan yang dibawanya, peradaban yang lebih maju terbentuk. 

Sejarah peradaban Islam telah mencatat berbagai tapak dan pengaruhnya di berbagai bidang kehidupan. Mulai dari perkembangan ilmu pengetahuan, akidah, hukum, filsafat, seni, dan masih banyak lagi.

Sepanjang itu pun lahir banyak ilmuwan muslim, seperti Ibnu Sina yang terkenal dalam dunia medis, Al -- Khawarizmi di bidang ilmu matematika, atau Ibnu Khaldun di bidang ilmu ekonomi, historiografi, dan sosiologi.

Banyak dari hasil temuan -- temuan ilmuwan muslim yang menjadi referensi ilmuwan barat, maupun yang masih terus dikembangkan hingga saat ini. Seorang orientalis, Sedillot, berujar bahwa hakikatnya, ilmuwan -- ilmuwan muslim ini adalah guru bagi bangsa Eropa.

A. Islam Sebelum Kerasulan Muhammad SAW

Masyarakat dunia menganggap bahwa Islam dibawa oleh Nabi Muhammad SAW akan tetapi sebenarnya Islam sudah ada sejak zaman Nabi Adam As meskipun ajarannya belum disempurnakan (baca fungsi agama dalam kehidupan manusia dan hakikat penciptaan manusia).

  • Masa kenabian sebelum rasulullah

Sebelum diutusnya Rasulullah SAW para nabi dan rasul sebelumnya hanya menyampaikan wahyu ataupun ajarannya kepada umatnya masing-masing dan hal ini berbeda dengan Islam yang dibawa oleh Muhammad SAW yang bersifat universal. Seperti halnya para nabi dan rasul yang diutus kepada beberapa kaum contohnya Nabi Musa Alaihissalam yang diutus pada kaum Bani Israil maupun Nabi Luth yang diutus kepada kaum Negeri Sodom (baca nama-nama nabi dan rasul dan macam-macam mukjizat nabi ).

  • Kondisi Manusia pada masa sebelum kenabian Muhammad

Pada masa itu Islam belum banyak dianut oleh masyarakat dan para nabi serta Rasul mendapat pertentangan yang sangat keras dari kaumnya dan bahkan tidak jarang di antara mereka yang mendapatkan siksaan dan perlakuan yang kejam dari para kaum kafir.

Meskipun demikian ada beberapa kejadian penting yang terjadi dalam sejarah peradaban Islam sebelum kenabian Muhammad SAW seperti dibangunnya atau dipugarnya Baitullah yang saat ini dikenal sebagai Ka'bah oleh Nabi Ibrahim As beserta putranya Ismail As. Sejarah Islam pun berlanjut dari Nabi ke nabi dan rasul ke Rasul pada setiap zaman dan akhirnya peradaban Islam yang baru dimulai setelah diutusnya Nabi Muhammad SAW ke dunia. (baca Keutamaan cinta kepada Rasulullah bagi umat islam dan kisah teladan nabi Muhammad)

 B. Islam Pada Masa Kerasulan Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 12 rabi'ul Awwal tahun gajah dan kelahirannya merupakan suatu awal penyempurnaan agama Islam yang dianut oleh umat muslim dunia saat ini. Muhammad SAW adalah rasul terakhir yang menerima wahyu dari Allah subhanahu wa ta'ala melalui Malaikat Jibril dan kemudian Wahyu tersebut dikenal sebagai kitab Alquran yang menjadi pedoman hidup bagi kaum muslimin. Tidak hanya Alquran saja yang menjadi pedoman bagi umat muslim akan tetapi segala perkataan dan perbuatan Muhammad shallallahu alaihi wasallam yang dikenal dengan Hadits Rasulullah juga menjadi pedoman lain dalam menentukan segala aspek kehidupan manusia terutama umat Islam. (baca manfaat membaca Alqur'an dalam kehidupan)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2