Mohon tunggu...
Daffa Binapraja
Daffa Binapraja Mohon Tunggu... Lahir pada 25 Februari 2000, Jakarta Utara

Seorang pemuda yang menyukai fiksi ilmiah, Alternate History, dan sejarah dunia.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Panduan Menulis Cerpen: Membuat Identitas Cerpen

6 Juni 2020   14:30 Diperbarui: 6 Juni 2020   14:30 54 3 0 Mohon Tunggu...

Membuat 'identitas' cerpen yang menarik itu penting, lho.

...........................................................................

Pernahkah kalian bercita-cita menjadi seorang penulis? Mungkin sebagian dari kita pernah membayangkannya atau bahkan sudah mencoba menulis.

Pernah memiliki masalah dalam menulis cerpen, baik dalam rangka mengikuti lomba atau untuk menulis di media sosial? Nah, di sinilah mau kuberi saran-saran yang bisa kita semua gunakan sebagai bantuan, patokan, atau panduan dalam membuatnya.

.......................................................................

Hari ini, mari kita membicarakan "membuat identitas cerpen" seperti yang tertera pada judulnya. Ketika kukatakan "membuat identitas cerpen", kita bisa mengartikannya sebagai langkah-langkah bagaimana kita menentukan genre atau tema cerpen kita dan, secara tak langsung, juga menentukan penulis seperti apa kita di mata para pembaca.

Sebagian dari kita mungkin bisa menyederhanakan ini sebagai personal branding (pemberian merek pribadi) khusus penulis-penulis cerpen.

Membuat identitas cerpen menjadi langkah awal untuk menentukan cerpen seperti apa yang kita tulis, baik di media sosial, blog, maupun dalam lomba.

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk membuat identitas cerpen:

Pertama, cari dan perkuat alasanmu menulis cerpennya. Mengapa kalian menulis cerpen ini? Apakah karena kalian ingin memenangkan lomba menulis cerpen? Apakah karena cerpen kalian berdasarkan kehidupan nyata? Atau, karena kalian percaya menulis cerpen seperti ini dapat memberi hal-hal positif pada para pembaca?

Apapun alasan kalian, pastikan itu merupakan alasan yang benar tak hanya dari segi sosial namun juga sesuai dengan norma yang berlaku. Tentu kalian tak mau membuat tulisan yang viral namun berdampak buruk pada semuanya, bukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN