Mohon tunggu...
Muhammad DaffaArrazzaq
Muhammad DaffaArrazzaq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Bisnis 2018 Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Pendidikan Bisnis 2018 Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI: Pelatihan Digital Marketing di Masa Pandemi

29 Juli 2021   18:55 Diperbarui: 29 Juli 2021   19:11 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada tanggal 2 Juli 2021 Pemerintah telah resmi memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat khusus untuk Pulai Jawa dan Bali.

Pembatasan ini tentu sangat berpengaruh bagi kinerja sektor perekonomian, tidak terkecuali bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM memiliki peran yang cukup penting bagi perekonomian, dan UMK diharapkan menjadi penunjang pemulihan ekonomi dan memperluas adanya lapangan pekerjaan.

Berdasarkan Survei yang telah dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020 mengenai dampak Covid-19 terhadap para pelaku bisnis yaitu menurunnya pendapatan di beberapa Provinsi, seperti Provinsi Bali (92,18%), DI Yogyakarta (89,69%), DKI Jakarta (86,55%), dan Banten (86,55%). Seluruh Provinsi yang terdapat di Pulau Jawa dan Bali mengalami dampak yang telah diberikan oleh PPKM.

Muhammad Daffa Arrazzaq, salah satu dari peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) UPI 2021, dan merupakan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melaksanakan kegiatan KKNT di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Mengingat pemberlakuan PPKM dan tingginya angka Covid-19 yang terjadi di Kabupaten Bekasi dan khususnya di Kelurahan Jatimulya memaksa kegiatan KKNT ini dilakukan seluruhnya secara online. Program yang dilaksanakan adalah melakukan pelatihan serta pendampingan bagi UMK.

Untuk itu, Daffa membina, memberikan pelatihan serta memberikan solusi mengenai digital merketing bagi masalah yang sedang dialami oleh UMK di masa pandemi saat ini.

Selama kegiatan KKNT berlangsung Daffa mendampingi UMK 13Dailystore sebagai sasaran kegiatan. Mengingat 13Dailystore merupakan UMK yang melakukan mayoritas dari aktivitas kegiatan usahanya secara online sehingga 13Dailystore merupakan sasaran yang tepat untuk dilaksanakannya program pendampingan dan pelatihan digital marketing, serta kegiatan KKNT ini dapat dilakukan seluruhnya secara online, dan tidak diperlukan adanya kegiatan offline.

Selama KKNT berlangsung Daffa membantu dan terus mendampingi 13Dailystore untuk mengenali dan menyelesaikan masalah-masalah yang sedang dialami, serta membantu dalam pembuatan beberapa kebutuhan Desain Grafis untuk kebutuhan media sosial dan juga e-commerce seperti Instagram dan Shopee, serta membantu dalam pembuatan video TikTok melalui aplikasi VN.

Pada hari Rabu, 28 Juli 2021 Daffa melaksanakan kegiatan program unggulan yaitu pelatihan digital marketing untuk mengenali bagaimana copywriting yang baik dan tepat, dan mengenal lebih dalam mengenai mobile marketing, melalui Zoom Meeting sebagai media.

Mengapa copywriting dan mobile marketing dipilih sebagai isi dari materi pelatihan digital marketing?

Copywriting merupakan salah satu teknik untuk membuat tulisan menarik sehingga para pembaca dapat memberikan respon sesuai dengan apa yang penulis inginkan. 

Untuk kasus kali ini respon yang diinginkan berupa tindakan pembelian dan tindakan untuk mengunjungi e-commerce dari 13Dailystore. Copywriting menjadi hal penting dalam melaksanakan usaha secara online dan bertujuan untuk memberikan penjelasan, meyakinkan, serta memberikan penawaran yang menarik bagi para pelanggan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun