Mohon tunggu...
Daffa Ardhan
Daffa Ardhan Mohon Tunggu... Freelancer - Cerita, ide dan referensi

Menulis dalam berbagai medium, bercerita dalam setiap kata-kata. Blog: http://daffaardhan.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Mengurangi Beban Pikiran, Menurunkan Setres

24 Februari 2020   12:57 Diperbarui: 24 Februari 2020   13:03 680
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: foltibaffi.id

Karena saya cukup aware dengan dunia politik praktis, saya banyak membaca berita dan menonton tayangan politik di youtube. Beberapa channel yang biasanya mengangkat isu politik seperti Geolive, Pinter Politik dan Jakartanicus bisa jadi referensi yang menarik untuk menambah insight saya pada politik.

Diluar itu, ada isu-isu krusial yang juga menarik untuk di ikuti. Isu lingkungan, penegakkan HAM, feminisme, toleransi, multikulturalisme dan seterusnya.

Sikap saya sebetulnya jauh dari kata SJW (Social Justice Warrior). Hanya saja, saya memberi ruang bagi pikiran saya untuk peduli terhadap isu-isu tersebut. Sebab hal itu bisa memberi saya kesadaran bahwa dunia ini selalu berada pada kondisi yang tidak baik-baik saja.

Meskipun awareness saya hanya sebatas tahu dan belum punya tindakan besar. Tapi setidaknya dengan saya sering melihat, mengamati, dan membicarakannya di ruang publik, itu sudah jadi langkah kecil untuk mengajak orang lebih peduli dengan isu-isu global ini.

Dilain sisi, saya menyadari juga bahwa memikirkan isu yang kebanyakan tidak related dengan kehidupan sendiri rasa-rasanya jadi sedikit membosankan.

Dukungan terhadap isu yang berkembang terus saya lakukan. Setiap kali ada gerakan tanda tangan petisi, saya ikut. Saya ajak beberapa teman untuk mengikuti juga. Saya suarakan dalam bentuk tulisan, kemudian di share ke media sosial saya. Tapi ada momen dimana saya merasa semua kepedulian akan isu-isu tersebut terkadang bisa membebani pikiran.

Setiap hari saya menonton tayangan dan membaca banyak artikel tentang bagaimana dunia ini sedang tidak baik-baik saja. Itu cukup menghantui pikiran saya dan membuat saya skeptis melihat masa depan.

Suatu saat pikiran-pikiran berat itu coba saya lepas. Saya tinggalkan semua tontotan politik, sosial, hukum dan lain-lain. Sejenak saya meninggalkan perkembangan isu-isu tersebut di media massa. Kemudian saya mulai pilih-pilih berita dari topik yang berat, pindah ke topik yang lebih menghibur.

Dari berita global warming, saya pindah ke bacaan berita artis pamer uang di rekening. Yang  agak ekstrim, saya mulai mengurangi-ngurangi menonton berita. Lebih banyak menonton film dan mendengarkan musik. 

Kemudian saya mengurangi main instagram, facebook dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk menulis, tidur dan bermain dengan kucing kesayangan. Semua yang saya lakukan semata-mata untuk menurunkan beban yang ada di pikiran. Kenyataannya memang berhasil.

Kalau istilah kerennya: less stress. Mencoba mengurangi beban pikiran dengan melupakan atau meninggalkan hal-hal berat dari isi kepala. Hanya memikirkan apa yang ada di depan mata saja daripada memikirkan sesuatu yang pengaruhnya kurang bersinggungan dengan kehidupan pribadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun