Mohon tunggu...
Daffa Aisha Maharani
Daffa Aisha Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mahasiswa Undip yang memiliki minat untuk menjadi content creator

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Berbisnis Bukan Sembarang Bisnis, Mahasiswa KKN Tim II Undip Turun Tangan!

12 Agustus 2022   03:11 Diperbarui: 12 Agustus 2022   03:19 43 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tegal (27/07) Bisnis merupakan kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Dewasa ini, kegiatan bisnis menjadi salah satu alternatif yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat luas di saat pekerjaan tidak mudah untuk didapatkan. Dengan kata lain, banyak masyarakat yang beralih menjadi wirausahawan demi untuk bertahan hidup tanpa memiliki bekal bisnis apapun. Padahal diketahui, untuk menjadi wirausahawan yang sukses saat ini, bukan niat saja yang dibutuhkan, akan tetapi, butuh pula pemikiran yang kreatif dan inovatif dalam menjalankan bisnis agar bisnis dapat disukai oleh masyarakat dan keberhasilan bisnis dapat tercapai. Pemikiran kreatif dan inovatif ini pun perlu untuk dikembangkan sejak usia muda mengingat kegiatan bisnis bisa dijalankan meski usia belum mencapai kedewasaan.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Didasari oleh hal tersebut, mahasiswa KKN Tim II Undip disiplin ilmu Administrasi Bisnis melakukan sosialisasi bisnis dengan tema "Menjadi Wirausaha yang Kreatif dan Inovatif" pada tanggal 27 Juli 2022 di SMA N 4 Kota Tegal khususnya di kelas 12 MIPA 3 dan 12 MIPA 4. Sosialisasi ini ditujukan untuk para siswa-siswi SMA dengan alasan pada jenjang SMA, siswa-sisiwi telah menunjukkan ketertarikan terhadap dunia bisnis. 

Sosialisasi ini membahas tiga topik utama yaitu perkenalan mengenai kewirausahaan dan wirausaha, menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif serta proses dalam membangun sebuah bisnis dan pelaksanaan bisnis. 

Pelaksanaan sosialisasi pun berjalan sesuai tujuan. Hal tersebut tercerminkan dari antusias siswa-siswi untuk mempresentasikan ide bisnis yang kreatif dan inovatif selama sosialisasi berlangsung. Yang tak terlupakan, salah satu siswa dari kelas 12 MIPA 4 mengatakan bahwa keinginannya adalah menjadi pengusaha yang menjual miniatur kereta api.

Penulis :

Daffa Aisha Maharani

Fidelia Katherina Aritonang

Intan Banjarnahor

Sarina Tiarani Anggia Sutanto

DPL : Ibu Clara Yully Diana Ekaristi, S.E., M.Acc.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan