Mohon tunggu...
DAFA ULHAQ
DAFA ULHAQ Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sejarah Kesaktian Pancasila

1 Oktober 2019   12:49 Diperbarui: 1 Oktober 2019   13:42 476 0 0 Mohon Tunggu...

Sebagai yang kita ketahui bahwasanya tanggal 1 oktober adalah sebagai hari kesaktian pancasila, lebih tepatnya pada 1 oktober 1965. Hari kesaktian pancasila 1 oktober ternyata berkaitan dengan peristiwa G30S/ PKI yang terjadi 30 september 1965. Tragedi ini masih menjadi perdebatan mengenai siapa penggiatnya dan apa motif dibaliknya.

Tetapi otoritas militer dan kelompok keagamaan terbesar saat itu menyebarkan kabar bahwa isi dan isu merupakan partai komunis Indonesia yaitu mengubah ideologi pancasila menjadi ideologi komunis. Pada hari itu banyak jendral yang dibunuh dan dibantai oleh PKI. Lalu pada 1 oktober jendral soeharto mengumumkan bahwa PKI telah ditumpas. Maka ditetapkanlah 1 oktober sebagai hari kesaktian pancasila.

Ditumpasnya kekuatan anti pancasila, atau berbagai pemberontakan perlu disikapi dengan pemahaman kesejarahan yang bersifat rasional, bukan dengan irasionalitas keyakinan saktinya pancasila. Setiap keberhasilan dan kegagalan pada hakikatnya berasal dari strategi dan operasi yang dijalankan secara rasional. Dengan rasionalitas ini pula 1 oktober dapat disikapi sebagai hari perkabungan nasional. Bukan untuk ritual kesaktian pancasila.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x