Media sosial merupakan media berbasis online atau daring yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antara pengguna satu dengan yang lain, dan juga sumber untuk mendapatkan informasi melalui beberapa aplikasi khusus dan tentu dengan bantuan internet. Menurut Philip Kotler dan Kevin Keller media sosial adalah fasilitas untuk para penggunanya satu sama lain berbagi data teks, foto, video, dan audio atau juga dengan perusahaan.Â
Media sosial pun memiliki karakteristik, berikut ini adalah ciri-ciri yang dimiliki dari media sosial:
1. Keikutsertaan Pengguna.
Tentu saja di dalamnya media sosial mengajak semua penggunanya untuk bisa berpatisipasi dan memberikan umpan balik terhadap pesan atau konten yang ada di media sosial. Pesan yang dikirim bisa diterima atau dibaca oleh siapapun dan kapanpun.
2. Tidak ada batasan
Hampir semua media sosial memberikan kesempatan untuk penggunanya membagikan komentar, melakukan voting, dan lain-lain. Pengiriman pesan dapat dilakukan tanpa ada batasan apapun.
3. Ada Percakapan
Media sosial juga memperbolehkan adanya interaksi terhadap suatu konten, baik itu dalam wujub respon atau pembicaraan antar penggunannya. Serta penerima pesan bebas kapan saja untuk merespon pesan tersebut.
4. Koneksi
Melalui media sosial, para penggunanya bisa terhubung dengan pengguna lain melalui tautan serta sumber data yang lainnya. Proses untuk pengiriman pesan pun terbilang cepat dibandingkan dengan media lain membuat informasi banyak terhubung di dalam satu media sosial.
Dari karakteristiknya saja kita sudah bisa mengetahui bahwa media sosial mempunyai manfaat yang baik untuk manusia, diantara nya adalah sebagai media penghibur, media penemuan informasi, tempat untuk kita menemukan ide-ide baru.