Mohon tunggu...
Nur Terbit
Nur Terbit Mohon Tunggu... Jurnalis - Pers, Lawyer, Author, Blogger

Penulis buku Wartawan Bangkotan (YPTD), Lika-Liku Kisah Wartawan (PWI Pusat), Mati Ketawa Ala Netizen (YPTD), Editor Harian Terbit (1984-2014), Owner www.nurterbit.com, Twitter @Nurterbit, @IniWisataKulin1, FB - IG : @Nur Terbit, @Wartawan Bangkotan, @IniWisataKuliner Email: nurdaeng@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Makassar Pilihan

Kisah KM Umsini yang Terbakar

11 Juni 2024   09:17 Diperbarui: 11 Juni 2024   09:51 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
KM Umsini setelah dilalap api (foto : dok Humas Pelni/Nur Terbit) 

PELNI atau Pelayaran Nasional Indonesia adalah Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa pelayaran. 

Saat ini mengoperasikan 26 kapal penumpang yang melayani 1.058 ruas dan menyinggahi 71 pelabuhan.


Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 30 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di wilayah 3TP (Terpencil, Terluar, Tertinggal dan Pedalaman) tersebut.
 
Di mana kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di wilayah 3TP, di mana kapal perintis menyinggahi 236 pelabuhan dengan total 2.844 ruas rute trayek.

Salah satu di antara sekian banyak kapalnya itu, ada KM Umsini yang termasuk kapal penumpang. Dalam pelayaran dari Bau-bau Sulawesi Tenggara, mengalami musibah kebakaraan saat sandar di dermaga Pelabuhan Soekarno - Hatta Makassar Sulawesi Selatan.


*****

Tak ada yang menyangka. Kapal penumpang milik PT Pelni, KM Umsini, mengalami kebakaraan saat sandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Minggu 9 Juni 2024.

Tapi Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero), Evan Eryanto, membenarkan adanya insiden kebakaran yang terjadi di atas kapal laut tersebut.

Dalam keterangan tertulisnya, Evan Eryanto mengakui saat itu pemadaman api sudah berhasil dilakukan dan tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut.

Menurut Evan, sumber api pertama kali diketahui pukul 04.20 WITA yang diduga berasal dari percikan api di motor bantu yang berada di kamar mesin. Api sudah berhasil dipadamkan pada pukul 09.03 WITA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Makassar Selengkapnya
Lihat Makassar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun