Mohon tunggu...
Nur Terbit
Nur Terbit Mohon Tunggu... Jurnalis - Pers, Lawyer, Author, Blogger

Penulis buku Wartawan Bangkotan (YPTD), Lika-Liku Kisah Wartawan (PWI Pusat), Mati Ketawa Ala Netizen (YPTD), Editor Harian Terbit (1984-2014), Owner www.nurterbit.com, Twitter @Nurterbit, @IniWisataKulin1, FB - IG : @Nur Terbit, @Wartawan Bangkotan, @IniWisataKuliner Email: nurdaeng@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Liburan Keluarga ke Cipendawa Cianjur

14 Januari 2023   19:51 Diperbarui: 14 Januari 2023   20:09 751
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nonton Barongsai di Cianjur (Repro : Channel YouTube Nur Terbit)

VIDEO REPORTASE yang saya jadikan ilustrasi pada tulisan ini, adalah saat menghabiskan masa liburan keluarga ke daerah pegunungan yang dingin di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 


Tentu tahu dong bagaimana kondisi udara di pegunungan? Saya memang bukan pendaki gunung, atau pecinta alam, tapi suka juga berwisata ke gunung. 

Karena itu senang sekali berkesempatan bisa berlibur ke daerah Jawa Barat yang berudara dingin, pemandangannya indah karena dikelilingi pegunungan. 

Seperti pengalaman liburan keluarga saya beberapa tahun lalu, tepatnya di akhir tahun 2018 dan di awal tahun 2019. 

Waktu itu saya dan keluarga mengunjungi Desa Cipendawa, kawasan pertanian di Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

Kami menginap di salah satu rumah kerabat di Kampung Pasekon. Kampung ini dikelilingi pegunungan, di antaranya Gunung Gede

Gunung tersebut merupakan gunung api bertipe stratovolcano. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. 

Menurut Wikipedia, ketinggian Gunung Gede Pangrango mencapai 2.958 meter. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yakni Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, berada pada lintang 106"51' - 107"02' BT dan 64"1' - 6511 LS. 

Suhu rata-rata di puncak Gunung Gede 18 "Cc dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 "C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 MmM/ tahun. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun