Mohon tunggu...
Nur Terbit
Nur Terbit Mohon Tunggu... Jurnalis - Pers, Lawyer, Author, Blogger

Penulis buku Wartawan Bangkotan (YPTD), Lika-Liku Kisah Wartawan (PWI Pusat), Mati Ketawa Ala Netizen (YPTD), Editor Harian Terbit (1984-2014), Owner www.nurterbit.com, Twitter @Nurterbit, @IniWisataKulin1, FB - IG : @Nur Terbit, @Wartawan Bangkotan, @IniWisataKuliner Email: nurdaeng@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Dari Pesta Blogger Hingga Ke Kompasiana

31 Oktober 2022   14:58 Diperbarui: 2 Juli 2023   00:51 468
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Keluarga Blogger sekaligus Kompasianer (foto dok Nur Terbit)

Mengenal  dunia blogger dan menulis di blog, saya mulai dari Kota Bekasi, Jawa Barat, tempat saya tinggal saat ini. Awalnya saya sudah dengar ada komunitas Blogger Bekasi, disingkat "BeBlog" lalu berlanjut menulis di blog pribadi dan blok keroyokan seperti Kompasiana.

Tapi baru mengenal lebih dekat di saat ada acara "Pesta Blogger"  di gedungnya Menristek (ketika itu BJ Habibie), di BPPT di Jl Thamrin, Jakarta.

Ketika itu saya datang ke acara "Pesta Blogger" sebagai wartawan untuk meliput acara tersebut. Besoknya hasil liputan saya dimuat di koran tempat saya bekerja. Sejak saat itu, mulailah saya mengenal sedikit demi sedikit dunia blogging. Terutama setelah meliput kegiatan tahunan di Pesta Blogger.

Tahunnya saya sudah lupa, kapan Pesta Blogger itu digelar dari tahun ke tahun. Tapi diingatkan lagi oleh Ketua Komunitas Blogger Bekasi (BeBlog), Aries Heru Utomo (AHU) - kini salah satu komisioner di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang bermarkas di Istana Presiden.

"Oh iya saya baru ingat, itu acara Pesta Blogger tahun 2010 dimana Beblog dapat penghargaan ya. Wah sudah 12 tahun lalu," kata Mas Aries, Ketua BeBlog di grup WA Blogger Bekasi.

Aktivitas saya sebagai blogger kemudian berlanjut, waktu melihat ada spanduk acara bloger terpasang di pagar kantor Walikota Bekasi. Saya mampir dan kenalan dengan teman-teman blogger,  akhirnya sejak saat itu mulai bergabung sebagai anggota Blogger Bekasi.

Di acara blogger di kantor Walikota Bekasi ini, saya bertemu dengan Omjay, atau kini lengkapnya Doktor Wijaya Kusumah, M.Pd, sehari-hari sebagai guru di Labs School Rawamangun, Jakarta Timur. Beliau saat ini sangat produktif menulis di Kompasiana.

Wartawan Bangkotan, buku kumpulan tulisan saya dari blog termasuk Kompasiana (foto dok Nur Terbit)
Wartawan Bangkotan, buku kumpulan tulisan saya dari blog termasuk Kompasiana (foto dok Nur Terbit)

Dari sini, saya mulai sering ikut di acara Blogger Bekasi. Bahkan saya ajak istri yang kebetulan sehari-hari bekerja sebagai guru untuk bergabung sebagai blogger. 

Belakangan putri saya juga bergabung, dari sejak masih di bangku kuliah hingga diwisuda sarjana. Sekarang lagi belajar menjadi "content creator" yakni membuat tulisan untuk dimuat di portal berita. Lumayan honornya bisa menutup biaya pulsa, paket dan langganan WiFi di rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun