Mohon tunggu...
Nur Terbit
Nur Terbit Mohon Tunggu... Jurnalis - Pers, Lawyer, Author, Blogger

Penulis buku Wartawan Bangkotan (YPTD), Lika-Liku Kisah Wartawan (PWI Pusat), Mati Ketawa Ala Netizen (YPTD), Editor Harian Terbit (1984-2014), Owner www.nurterbit.com, Twitter @Nurterbit, @IniWisataKulin1, FB & IG : @Wartawan Bangkotan, @IniWisataKuliner Email: nurdaeng@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Menulis 40 Hari Tanpa Jeda, Ide Unik Pak TD

7 Juli 2022   15:12 Diperbarui: 7 Juli 2022   16:30 94 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wawancara dengan Pak Thamrin Dahlan melalui reportase video YouTube (foto: Nur Terbit)

Hari ini mulai Kamis 7 Juli - 17 Agustus 2022, kembali Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) menyelenggarakan kegiatan "Menulis 40 Hari Tanpa Jeda" bagi penulis yang tergabung di komunitas dengan nama yang sama: Penulis YPTD.

Kali ini untuk tahun 2022, selain memasuki tahun kedua usia berdirinya komunitas penulis YPTD ini, juga sekaligus memperingati 70 Tahun usia Thamrin Dahlan pemilik yayasan dan komunitas. 

Alhamdulillah, tulisan ini sebagai pengantar di hari pertama tulisan saya di program "Menulis 40 Hari Tanpa Jeda" YPTD 2022. Semoga lancar dan berjalan sesuai rencana. Insha Allah.

Tema kali ini adalah #KMAB - Karena Menulis Aku Bahagia (2022) lanjutan dari #KMAA - Karena Menulis Aku Ada (2021). Judul buku yang saya pilih kali ini, masih tidak jauh dari kehidupan sehari-hari sebagai penulis dan wartawan. 

Judul buku WARTAWAN 3 ZAMAN : Zaman Media Cetak, Media Sosial dan Media Online (saya berada di nomor urut 14 dari 70 peserta). Sementara ini saya sudah melakukan pendekatan kepada calon penulis kata pengantar bukunya hehe...

Alhamdulillah, untuk kedua kalinya juga saya ikut sebagai peserta di tahun 2022 ini. Betapa tidak, pada tahun lalu saya sempat tepar ketika memasuki hari ke-37. 

Waktu 2021 silam, tiba-tiba penyakit maag saya kumat. Perut melintir dan hilang konstrasi saya dalam menulis artikel. Bersyukur bisa mengejar lagi dan tuntas menulis 40 judul artikel selama 40 hari pula. 

Buku yang dihasilkan pada program YPTD 2021, Menulis 40 Hari Tanpa Jeda (foto: dok Nur Terbit)
Buku yang dihasilkan pada program YPTD 2021, Menulis 40 Hari Tanpa Jeda (foto: dok Nur Terbit)

Bukunya berjudul "Menulis Gaya Wartawan" --- berisi kumpulan pengalaman saya dalam menulis profil, biografi dan perjalanan selama jadi wartawan. Diterbitkan YPTD dengan kata pengantar Syahdanur AM, Wartawan Senior, Dewan Penasehat PWI Pusat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan