Mohon tunggu...
Nur Terbit
Nur Terbit Mohon Tunggu... Jurnalis - Wartawan, Blogger, Lawyer, Youtuber, Penulis Buku

Penulis buku Wartawan Bangkotan, Lika-Liku Kisah Wartawan, Mati Ketawa Ala Netizen, Editor Harian Terbit (1984-2014), Owner www.nurterbit.com, Twitter @Nurterbit, @IniWisataKulin1, Fanpage FB, IG : @Wartawan Bangkotan, @IniWisataKuliner Email: aliemhalvaima@yahoo.com, nurdaeng@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Tips Menulis di Kompasiana Saat Kehabisan Ide

12 Mei 2022   12:08 Diperbarui: 13 Mei 2022   04:40 612 14 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
My Profil (foto dok pribadi Nur Terbit)

Tips Menulis di Kompasiana
Saat Kehabisan Ide (oleh : Nur Terbit)

SERINGKALI kita kehabisan ide saat mau menulis artikel. Itu biasa dan pernah dialami semua orang. Jangankn kita yang pemula, pengarang yang kemudian terkenal, juga pernah mengalaminya.

Jadi, jangan bimbang dan berputus asa jika mengalami kesulitan mencari ide tulisan. Kata orang, "Banyak Jalan Menuju Roma". Begitu pun banyak "Jalan Terbuka Luas Menuju Roma, eh Menulis di Kompasiana".

Caranya bagaimana?

Nah, saya akan bongkar rahasianya. "Tips Menulis di Kompasiana Saat Kehabisan Ide" sesuai judul tulisan saya di atas. Jadi diam-diam aja ya, jangan sampai bocor ke telinga para admin Kompasiana. Bahaya, bisa-bisa  di-take down" tulisan kita tanpa penjelasan. Jadi kita-kita aja yang tahu ya hehehe....

Begini! Kompasiana itu setiap saat mengumumkan dan menawarkan "Topik Pilihan Kolaborasi". Asal tahu aja, ada banyak keuntungan dari topik yang ditawarkan admin Kompasiana (yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng itu, ciieeh..).

Keuntungan apa? Kenapa Kompasianer diuntungkan? tentu saja, iya! Coba pikir. Ini menolong sekali. Sebab kita sebagai penulis, tidak repot lagi. Cukup terbantu dan sangat, sangat terbantu. Cukup melirik dan menyontek apa yang menjadi "Topik Pilihan Kompasiana".

Nah, tinggal ikuti saja. Ibarat lagu Cakra Khan, ada orang kebingungan, tersesat dan "lupa jalan pulang", tinggal menggunakan Topik Pilihan Kompasiana sebagai "Google Map" kita. Begitu sederhana kan?

Selain itu, karena ini topik pilihan langsung dari admin Kompasiana, maka tulisan yang kita posting langsung duduk di posisi sebagai artikel PILIHAN. 

Bahkan, dari sekian topik pilihan tersebut ada yang diperlombakan di rubrik event dengan hadiah yang cukup menggiurkan. Kan bisa "sambil menyelam minum air". Sambil menulis meraih hadiah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan