Mohon tunggu...
Nurterbit
Nurterbit Mohon Tunggu... Jurnalis - Wartawan, Blogger, Lawyer, Youtuber

Penulis buku Wartawan Bangkotan, Lika-Liku Kisah Wartawan, Mati Ketawa Ala Netizen, Editor Harian Terbit (1984-2014), Owner www.nurterbit.com, Twitter @Nurterbit, @IniWisataKulin1, Fanpage FB, IG : @Wartawan Bangkotan, @IniWisataKuliner Email: aliemhalvaima@yahoo.com, nurdaeng@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Virus Corona (2) Ini Dia 4 Manfaat Memakai Masker

22 Agustus 2021   14:27 Diperbarui: 22 Agustus 2021   14:37 205 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Virus Corona (2) Ini Dia 4 Manfaat Memakai Masker
Anak Makassar pakai masker. Mereka mengklaim tidak takut matahari meskipun di tengah laut (FB Sukmawaty Arifin)

Virus Corona (2) Ini Dia 4 Manfaat Memakai Masker. Berbagai alasan orang harus memakai masker mulut untuk kesehatan. Banyak orang gemar memakai masker mulut terutama saat bepergian.

Salah satu alasannya karena pemakaian masker mulut itu, dianggap memiliki manfaat untuk kesehatan, terutama dalam mencegah penularan dan tertular penyakit. Terutama meminimalisir risiko penularan Covid-19.

Secara ilmiah, ini penjelasan dr. Kevin Adrian di Webs Alodokter. Menurutnya, setidaknya ada dua jenis masker mulut yang banyak digunakan secara bebas oleh masyarakat, yaitu masker bedah sekali pakai dan masker N95 yang bisa digunakan berulang kali.

Menurut satu penelitian, menggunakan masker mulut dengan benar, memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menghindari paparan polusi udara,
2. asap dari kendaraan bermotor, pabrik, rokok, dan debu, adalah beberapa jenis polusi udara yang bisa menimbulkan penyakit pernapasan.
3. Mencegah penularan dan tertular penyebaran penyakit.
4. Melindungi wajah dari efek negatif sinar matahari dan polusi.

Dari keempat manfaat memakai masker (mulut) di atas, akan dapat menjadi salah satu cara terbaik agar kita tidak mudah tertular atau menularkan penyakit. 

Masker dipakai arisan keluarga juga OK. Selain untuk kesehatan juga modis (foto FB Nia Pagadjang)
Masker dipakai arisan keluarga juga OK. Selain untuk kesehatan juga modis (foto FB Nia Pagadjang)

Menurut para ahli kesehatan, masker yang digunakan dengan benar bisa membantu mencegah virus dan bakteri menyebar melalui lendir atau cairan yang keluar saat kamu bersin atau batuk.

Adapun masker yang biasa dipakai secara umum, yaitu masker bedah dan masker N95. Dua jenis masker tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masin.

Untuk masker mulut (masker bedah), dapat melindungi saluran pernapasan dari percikan bersin dan batuk orang lain. Atau tetesan cairan tubuh yang mengandung virus dan kuman keluar melalui hidung atau mulut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan