Mohon tunggu...
Nur Terbit
Nur Terbit Mohon Tunggu... Jurnalis - Pers, Lawyer, Author, Blogger

Penulis buku Wartawan Bangkotan (YPTD), Lika-Liku Kisah Wartawan (PWI Pusat), Mati Ketawa Ala Netizen (YPTD), Editor Harian Terbit (1984-2014), Owner www.nurterbit.com, Twitter @Nurterbit, @IniWisataKulin1, FB - IG : @Nur Terbit, @Wartawan Bangkotan, @IniWisataKuliner Email: nurdaeng@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

"Wartawan Bangkotan" Saya Pilih sebagai Personal Branding

10 Juni 2021   21:56 Diperbarui: 10 Juni 2021   23:03 305
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ketika mengikuti uji kompetensi wartawan (foto dok Nur Terbit)

Sebagai orang Makassar, memang gak pas kalau saya pakai pakai "Wartawan Bangkotan" (dalam bahas Betawi, wartawan tua) untuk personal branding saya.

Harusnya memakai jargon Makassar juga ya Karena kalau "wartawan tua" dalam bahasa Makassar, bukan "bangkotan". 

Tapi biasanya disebut "wartawan akkapurru'mi" (wartawan sudah keriput kulitnya) "wartawan a'lato-lato'mi" "wartawan a'lowa-lowami" (wartawan sudah pikun). 

Bahkan untuk kata "wartawan" orang Makassar menulisnya dengan "WartawanG" pakai huruf akhiran "G" besar

Kenapa saya pakai istilah bangkotan itu, ada alasannya, tidak mesti dong saya harus jadi orang Betawi terlebih dahulu hahaha...Rektor STP (Sekolah Tinggi Publisistik) Hoeta Soehoet, dimana penyanyi dan musisi lagendaris Iwan Fals kuliah, pernah bilang, 

"...wartawan yang selama hidupnya tidak pernah menulis buku, hanya pantas disebut wartawan Bangkotan..". 

Nah, saya terinspirasi dari kata-kata beliau. Saya ingin membuktikan, bahwa sekalipun saya sudah "Bangkotan", tapi saya sudah bisa menulis buku. Ya makanya saya beri judul bukunya : "Wartawan Bangkotan".

Diprotes Teman Wartawan

Terus terang, saya jadi gak enak diomongin sama Abang senior Endang Sobirin di status FB yang beliau posting 9 Juni 2021 hahahaha....Lalu saya mencoba menjawab protes beliau dengan judul : MEMBALAS STATUS FB Endang Koeswadi Sobirin

Abang senior Endang Sobirin, teman saya ini masih sesama wartawan, walaupun belum pernah satu liputan bersama. Tapi banyak teman sekantornya saya kenal. Saya di harian Terbit (Pos Kota Grup). 

Saya kenal beliau waktu masih di koran harian "Jayakarta" almarhum. Dari semula berkantor di Tanah Abang II Jakpus, lalu gabung ke kantor Sinar Harapan/Suara Pembaruan di Jl. Otista Cawang Jaktim. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun