Mohon tunggu...
Nurterbit
Nurterbit Mohon Tunggu... Wartawan, Blogger, Lawyer, Youtuber

Penulis buku Wartawan Bangkotan, Lika-Liku Kisah Wartawan, Mati Ketawa Ala Netizen, Editor Harian Terbit (1984-2014), Owner www.nurterbit.com, Twitter @Nurterbit, @IniWisataKulin1, Fanpage FB, IG : @Wartawan Bangkotan, @IniWisataKuliner Email: aliemhalvaima@yahoo.com, nurdaeng@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Pengalaman Mengurus SKCK di Kantor Polisi

25 Mei 2021   05:57 Diperbarui: 25 Mei 2021   20:08 350 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengalaman Mengurus SKCK di Kantor Polisi
Pelayanan SKCK di kantor Polres Metro Bekasi Kota (foto Nur Terbit)

MENGURUS SKCK DI KANTOR POLISI

Ribet juga ya ternyata kalau mengurus SKCK di kantor polisi. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (disingkat SKCK), sebelumnya dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (disingkat SKKB) adalah surat keterangan yang diterbitkan oleh Polri yang berisikan catatan kejahatan seseorang.

Ini pengalaman saya hari ini, Senin (24/5), menemani putri bungsu saya Fifi mengurus SKCK di kantor Polres Metropolitan Bekasi Kota. Lokasinya di alun-alun Kota Bekasi, di samping kantor pengadilan dan kejaksaan.

Tahapannya lumayan panjang dan berliku : pakai daftar online dulu melalui handphone, setelah itu baru deh dapat nomor antrean online, pakai sidik jari lagi. Semua biayanya Rp30.000,- 

Tanpa nomor antrean, bakal tidak dilayani. Apalagi sekarang sudah tidak bisa mengurus langsung secara manual. Beda sepertinmodel lama, pakai surat pengantar RT/RW.

Disambut oleh ibu Polwan (foto Nur Terbit)
Disambut oleh ibu Polwan (foto Nur Terbit)

Benar juga sindiran teman saya Penerus Bonar Karo-Karo "untuk berkelakuan baik saja, harus antre ya.... hahahaha". Sementara sebaliknya, untuk berbuat tidak baik, malah gak perlu antre,  di mana saja bebas

Tahapan Pengurusan SKCK

Begitu menjelang masuk di pintu gerbang, kita disambut oleh beberapa polisi wanita berselendang, bertuliskan "Polres Metropolitan Bekasi Kota". Keren. Mirip Putri Indonesia. Ditanya mau ngurus SIM apa SKCK?

Kalau SKCK, ya itu tadi, akan ditanya apakah sudah punya nomor antrian online? Kalau belum, anggota Polwan yang cantik ini mau membantu menuntun, mendaftarkan ulang secara online via handphone yang kita bawa.

Itu yang juga dialami putri bungsu saya. Sebenarnya sudah mendaftar secara online, dua hari sebelumnya. Downloadnya agak sulit. Setelah daftar, form isiannya diprint + cetak pas foto. Lalu semua berkas tadi dibawa ke kantor polisi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN