Mohon tunggu...
Dad Murniah
Dad Murniah Mohon Tunggu... Penulis - Komp. Chandra Baru A242 Jatirahayu, Pondok Melati, Bekasi

Biodata: Dad Murniah, Ketua Umum Satupena DKI Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Budaya Lisan Budaya Indonesia

1 April 2022   12:34 Diperbarui: 1 April 2022   12:40 102 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Sering terlihat banyak orang berbicara tanpa henti bercerita tentang berbagai hal dakam hidupnya. Ketika berbicara, cerita atau masalah yang disuarakan secara lisan itu lenyap di udara. Hanya beberapa kata yang tersangkut di pikiran pendengar. Jika pendengar suatu ketika akan mengacu pada pembicaraan itu tidak ajan dapat lagi mencarinya di udara.

Alangkah bagusnya jika itu dituliskan. Masalahnya, banyak manusia Indonesia yang segan menulis. Akibatnya, ketika mereka membaca sebuah tulisan mengakami kendala untuk dengan cepat memahaminya. Ada yang meneliti bahwa di kota Jakarta yang menjadi ibu kota negara Indonesia, hanya sekitar 1% orang dewasa yang dapat menafsirkan teks panjang. Apakah ini karena masih memiliki budaya lisan secara kental.

Saya kemarin menghadiri rapat anghota Organisasi Satupena Indonesia. Organisasi ini dipimpin  oleh seorang yang visioner yang menginginkan adanya organisasi penulis yang kokoh dan kuat. Beliau adalah Denny JA.  Ia berkeinginan para penulis ini meningkat kompetendinya sehingga kegiatan menulis menjadi profesi bagi masyarakat Indonesia.

Alangkah senangnya jika banyak buku yang dapat dibaca setiap waktu dan mencerahkan. Kita akan berubah menjadi bangsa yang berbudaya membaca dan menulis. Semoga di  kehidupan mendatang membaca menjadi kebutuhan primer bangsa ini.

Dad Murniah

Ketua Satupena DKI Jakarta

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan