Mohon tunggu...
PRIADARSINI (DESSY)
PRIADARSINI (DESSY) Mohon Tunggu... Karyawan Biasa

penikmat jengQ, pemerhati jamban, penggila serial Supernatural, pengagum Jensen Ackles, penyuka novel John Grisham, pecinta lagu Iwan Fals, pendukung garis keras Manchester United ....................................................................................................................... member of @KoplakYoBand

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Budget Family Gathering Jakarta - Bali

12 Mei 2020   15:59 Diperbarui: 13 Mei 2020   06:23 281 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Budget Family Gathering Jakarta - Bali
Family Gathering 27 - 30 Agustus 2019

Lagi pada nggak bisa kemana-mana gini, pasti pada kangen jalan-jalan ya?! Mumpung lagi iseng, aku ingin berbagi budget liburan, mungkin ada berniat mengadakan Family Gathering setelah Virus Covid-19 ini berlalu.

Kebetulan perusahaan kami hanya memiliki karyawan 16 orang, karena bila ada pekerjaan, seringnya ngajak mitra perusahaan lain, ataupun cari subcon. Dengan jumlah karyawan yang tak banyak itupun, yang bisa ikut hanya 13 karyawan. Jadi kalau pun bawa keluarga, total yang ikut ke Bali hanya 41 orang. Sekedar informasi, untuk karyawan bujang, diperbolehkan membawa 1 anggota keluarga kandungnya.

Repotnya nggak ada panitianya, boleh dibilang, diserahkan ke aku, kalau butuh bantuan, tunjuk sendiri. Kesian yak. :)))

Jadi budget yang akan aku ceritakan pada tulisan kali ini, budget untuk 41 orang. Tapi tetap bisa menjadi perkiraan bagi yang berencana liburan dengan jumlah yang lebih. Karena biasanya semakin banyak peserta, budget per orangnya jadi lebih murah. 

Dan ini budget di tahun 2019, yah bisa buat kira-kira lah ya untuk tahun ini atau pun tahun depan, paling beda-beda tipis.

Perencanaan Family Gathering ini bulan Februari 2019, dengan rencana pelaksanaan di akhir Juni atau awal Juli, saat anak-anak masih libur sekolah. Awalnya bos ngasih budget Rp. 150.000.000 bawa keluarga dan sudah termasuk uang saku per karyawan. 

Karena ada 2 rekan yang sedang bertugas di Jambi, dan proyeknya selesai awal Agustus 2019. Akhirnya rencana liburan diubah jadi akhir Agustus 2019. Yah yang anak-anaknya sekolah terpaksa bolos. Setelah dipiikir-pikir, enaknya emang pas bukan peak season, selain jadi lebih murah, obyek-obyek wisata pun tak terlalu padat.

Pencarian Bis Pariwisata

Dengan budget di atas tentu targetnya naik bis. Teleponlah bis kesana kemari, memang banyak bis pariwisata yang murah. Tapi karena ini perjalanan jauh Jakarta - Bali, bos inginnya bis yang seat 2-2 atau 2-1 dengan fasilitas foot-rest dan jamban (eh toilet).

Mencari bis yang seperti itu nggak mudah. Hanya ada 3 PO bis yang sesuai keinginan tersebut. Dan yang paling murah PO Rosalia Indah. Rp. 4.500.000 per bis isi 21 seat maksimal 7 hari penggunaan, jadi harus pesan 2 bis. Sudah termasuk bensin dan supir, tapi belum termasuk parkir, tol, biaya masuk obyek wisata, makan supir dan tips supir.

Tapi itu harga bulan Maret 2019, dia belum tau harga lebaran dan liburan sekolah, katanya harganya pasti naik. Dan saat aku tanya, "kalau sesudah liburan sekolah harga kembali normal?" Katanya, "harga memang turun dari harga liburan tapi pasti lebih tinggi dari harga sekarang." Walau aku setuju berapa pun harganya, dia nggak mau terima bookingan sekarang, karena lagi sibuk terima bookingan untuk mudik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN