Mohon tunggu...
Byanda Lutfi Hawa
Byanda Lutfi Hawa Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Halo! Mari bertukar pikiran melalui tulisan

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Tetap Hemat, Melintasi Jakarta Pakai TransJakarta

12 April 2023   09:40 Diperbarui: 14 April 2023   11:14 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: Urbanasia.com

Belakangan ini, banyak sumber memperbincangkan tentang rencana kenaikan tarif angkutan umum TransJakarta. Sejumlah penolakan pun membuat banyak orang khawatir akan biaya transportasi yang nantinya akan semakin mahal, pasalnya sejak 2007 tarif TransJakarta tidak pernah ada kenaikan.

Melansir dari berbagai sumber, kenaikan tarif ini berdasarkan usulan dari Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) yang akan diberlakukan di jam sibuk menjadi Rp4.000 pada pukul  07:01-10:00 WIB dan Rp5.000 pada pukul 16:01-21:00 WIB.

Tapi apa memang benar mau naik?

TransJakarta saat ini tengah mengumpulkan pendapat dari para pelanggannya terkait dengan usulan kenaikan tarif tersebut melalui survei pelanggan, yang akan ditutup pada tanggal 13 April 2023. 

Meskipun nantinya kenaikan tarif tidak dapat dihindari, sebagai pengguna angkutan umum ada hal-hal yang membuat saya tidak berkeberatan. Pertama, naik TransJakarta masih jauh lebih hemat dibandingkan kalau saya menggunakan kendaraan mobil atau motor pribadi. Contoh saja perjalanan dengan rute Kampung Melayu - Tanah Abang yang berjarak 9 KM dan minimal membutuhkan 1 liter bensin (Rp10.000/liter). Menggunakan TransJakarta rute 5M saya hanya akan hanya memakan biaya Rp3500 untuk perjalanan yang sama. Jika kita menghitung semua biaya tersebut dalam jangka panjang, tentunya biaya penggunaan TransJakarta jauh lebih hemat daripada menggunakan kendaraan pribadi.

Selain itu, menggunakan TransJakarta juga lebih ramah lingkungan. Kendaraan pribadi menghasilkan emisi gas buang yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan sekitar. Sementara itu, TransJakarta menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, seperti gas alam atau listrik, dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Apalagi sekarang ada TransJakarta berbahan bakar listrik. 

Pernah lihat postingan di medsos dimana mobil-mobil terkena macet tidak dapat bergerak, sedangkan TransJakarta melenggang tanpa hambatan? Kapasitas bus besar TransJakarta adalah 30 orang, sedangkan yang gandeng 60 orang. Jika satu mobil pribadi hanya diisi oleh satu orang, kita bisa menyingkirkan 60 mobil yang menjadi penyebab kemacetan di Jakarta dalam sekali jalan. Bayangkan saja, menurut Polda Metro indeks kemacetan Ibu Kota sudah mencapai diatas 50% yang mana sudah berada pada level mengkhawatirkan. 

Penggunaan TransJakarta juga lebih nyaman dan praktis. Kita dapat mengakses rute perjalanan, info tarif atau pembelian tiket serta jadwal keberangkatan melalui aplikasi JakLingko. Melalui JakLingko, Pemda DKI Jakarta telah melakukan berbagai upaya agar memaksimalkan sarana transportasi publik, salah satunya dengan meluncurkan moda transportasi terintegrasi. Dimana biaya yang dikeluarkan pun menjadi jauh lebih murah dengan tarif integrasi. 

Tarif Integrasi merupakan biaya yang dikeluarkan ketika naik lebih dari satu transportasi umum di Jakarta yaitu MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan Transjakarta dengan tarif maksimal sebesar Rp10.000. Integrasi juga memberi kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna angkutan umum untuk mengakses moda lanjutan atau menuju lokasi tujuan, karena jarak berjalan kaki untuk melakukan kedua hal tersebut dapat dipangkas, sehingga mengurangi beban dalam bertransportasi.

Harga gorengan saja Rp5.000 untuk tiga buah loh!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun