Mohon tunggu...
Wisata

Tempat-tempat Ini Bisa Membuat Kamu Cinta Semarang

30 September 2016   15:56 Diperbarui: 30 September 2016   17:19 26 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tempat-tempat Ini Bisa Membuat Kamu Cinta Semarang
Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Semarang adalah salah satu kota besar yang ada di Jawa Tengah, Semarang dengan segala keunikannya menjadikan kota ini menjadi istimewa. Nah, ada beberapa tempat wisata yang wajib kalian kunjungi kalau kalian berkunjung di Ibukota Jawa Tengah ini. Pertama adalah Lawang Sewu. Lawang Sewu bisa dikatakan sebagai tempat wisata yang sudah dikenal banyak orang, baik itu orang Semarang, maupun non Semarang. Bangunan antik bekas Belanda ini pernah menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia terbebas dari jajahan Belanda. Bila kalian bertanya kenapa diberi nama “Lawang Sewu”, sebenarnya bukan faktor jumlah pintunya yang mencapai 1000 buah, tapi hanya untuk menggambarkan banyaknya jumlah pintu yang dimiliki bangunan ini. Jumlah pintu dari Lawang Sewu sendiri sebenarnya hanya 429 buah saja. Di Lawang Sewu, terdapat satu tempat yang harus kalian datangi, mungkin tempat ini sedikit megacu adrenalin anda, tempat itu adalah penjara bawah tanah. Dulu tempat ini menjadi tempat penyiksaan bagi penduduk pribumi. Dimana mereka dikurung di suatu ruangan kecil, setiap ruangan itu biasanya diisi dengan 20 orang. Bisa dibayangkan kan, begitu sengsaranya nenek moyang kita? Dengan segala cerita mistis yang dimiliki bangunan Belanda ini, sangat menarik untuk kalian telusuri, apalagi arsitektur bangunan yang indah, sangat cocok buat kalian yang hobi berfoto. Nah, bagi kalian yang ingin berkunjung ke Lawang Sewu, datang saja ke Jalan Pemuda, bangunan ini terletak di jantung kota Semarang, jadi kalian tidak akan kesusahan mencari bangunan ini. Jangan khawatir karena harga tiketnya sangat terjangkau! Untuk pelajar harga tiket perorang Rp 5000, sedangkan untuk umum Rp 10.000. Cukup murah bukan?

Beralih ke tempat wisata berikutnya, yaitu Kompleks Pecinan. Tempat ini sudah tidak asing lagi bagi para pelancong maupun warga Semarang, seperti namanya kompleks ini menyajikan suasana China yang kental, apalagi saat menjelang Tahun Baru Imlek. Bagi kalian yang ingin berkunjung ke tempat ini, sisakan sedikit waktu anda pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu pada pukul 18.00 – 23.00. Di kawasan Pecinan ini,kalian juga bisa mengunjungi Pasar Semawis, di sini kalian akan disambut dengan berbagai macam makanan yang pastinya bisa dapat menggoyang lidah anda. Tak hanya makanan khas Semarang saja, tapi juga ada snack-snack kecil ataupun manisan yang tidak kalah enaknya. Bila kalian terus menyusuri jalanan Semawis ini, kalian pasti akan menemukan tempat karaoke yang biasanya diikuti oleh orang-orang yang sudah berumur, dan jangan kaget bila kalian mendengarkan mereka fasih dalam bernyanyi Mandarin. Inilah hal yang membuat Semawis menjadi unik, selain bisa mengenyangkan perut, kalian juga bisa mendapat hiburan gratis dengan mendengar lagu-lagu Mandarin yang dinyanyikan dengan merdu. Di Kawasan Pecinan ini, terdapat beberapa  klenteng yaitu: Klenteng Tak Kak Sie, Klenteng Siu Hok Bio, Klenteng Liong Hok Bio, Klenteng Tek Hay Bio, Klenteng Hoo Hok Bio, Klenteng Tong Pek Bio, Klenteng Kong Tik Soe, Klenteng Wie Wie Kiong , Klenteng See Hoo Kiong, dan Klenteng Grajen.

Tempat wisata terahkir yang dapat menjadi opsi anda adalah Candi Gedong Songo. Candi ini terletak di Desa Candi, Bandugan. Kata “gedong” bearti bangunan, sedangkan “songo”bearti sembilan, yang artinya terdapat 9 buah bangunan candi yang tersebar di sekitar lereng Gunung Ungaran. Letaknya yang berada di ketinggian, membuat suasana candi ini sejuk dan asri. Selain itu, ada satu tempat menarik yang dapat memanjakan anda saat mengunjungi candi ini. Di sekitar lokasi ini, terdapat permandian air panas yang mengadung belerang yang cukup tinggi, cocok bagi kalian yang hendak melepas lelah setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh. Bagi kalian yang hendak berkunjung ke candi ini, kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 6000 untuk wisatawan lokal, dan Rp 50.000 untuk wisatawan asing. Harga yang sangat terjangkau, untuk menikmati keindahan candi ini. Nah itulah pilihan tempat wisata yang bisa kalian kunjungi saat berkunjung ke Semarang. Selamat Berlibur!

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x