Muda

Pengaruh Anak Zaman Sekarang terhadap Indonesia

14 Maret 2018   10:13 Diperbarui: 14 Maret 2018   11:04 301 0 0

Akhir-akhir ini di indonesia semarak dengan sebutan" Kids Jaman Now",tidak hanya di kalangan anak muda akan tetapi juga buming di kalangan anak-anak kecil yang masih di bawah umur. Entah siapa yang menciptakan kata "Kidz Jaman Now"tersebut,kata kidz jaman now itu langsung viral di kalangan masyarakat bahkan seluruh indonesia.

Anak zaman sekarang  atau sering di sebut dengan kidz jaman now sangat berbeda dengan anak --anak di jaman 90-an.yang banyak menghabiskan waktu mereka bermain dengan teman sebaya bermain permainan tradisional dan keluarga.mereka jauh dari smart phone. Akan tetapi,di jaman sekarang anak-anak muda bahkan anak di bawah umur tidak asing lagi dengan teknologi canggih seperti smart phone.Hal ini di sebabkan karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi barang yang tidak sulit untuk di peroleh.

Munculnya perangkat informasi dan komunikasi memberikan pengaruh besar bagi masyarakat indonesia,terutama bagi anak-anak di bawah umur yang tak dapat di pisahkan dengan dunia maya. Hal ini dapat merusak moral penerus bangsa indonesia di jaman sekarang, banyak anak-anak masih di bawah umur yang telah melanggar norma bahkan mereka tidak malu memviralkan kelakuan buruk mereka di dunia maya. Itu juga di sebab karena mereka terpengaruh oleh teknologi yang makin canggih.

Kids jaman now akan memudar sendiri nantinya seiring dengan perkembangannya jaman. kids jaman now tidak mengajarkan hal buruk, tetapi fenomena di dalamnya lah yang memperburuk citra kids jaman now tersebut.

Berbicara kids jaman now media sosial lah sebagai inang nya. Instagram dan facebook terutama sebagai media sosial yang paling mendominasi  dari media sosial lain, postingan atau unggahan siapapun bisa di lihat bahkan ditiru oleh kalangan masyarakat. Seketika kita dapat mengetahui apa yang sedang tren saat ini.

Sebenarnya jaman now tidak berpengaruh apabila kita tidak memperdulikan nya. Dari pengaruh baik dan buruknya fenomena kids jaman now harus ada perhatian khusus, terutama orang tua sebagai orang yang paling dekat dengan kita harus menjadi pengawas bagi pengaruh fenomena- fenomena yang akan datang, disisi lain fenomena seperti itu tidak harus selalu di batasi, tetapi apabila bisa di manfaatkan untuk hal yang positif maka hal itu tidak salah untuk dilakukan, karena semua orang butuh hiburan, sebagai orang tua harus memberikan bimbingan yang baik  dan patut dicontoh dan bukan memberikan hal yang buruk yang tidak patut ditiru.

Sebenarnya" kids jaman now" merupakan guyonan untuk menyikapi kelakuan aneh dan tidak wajar dari anak jaman sekarang tapi oleh mereka hal itu di anggap lazim.