Mohon tunggu...
Cut Rahmalina
Cut Rahmalina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Semua bisa meraih Mimpi✨

Orang yg sukses tidak santai dalam bekerja, tapi orang malas tentu santai .

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Roti Canai, Makanan Lezat yang Juga Disukai Negara Tetangga

10 Oktober 2021   19:34 Diperbarui: 10 Oktober 2021   19:36 103 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Gimana food lovers apa kalian pernah mencicipi makanan bernama Roti Canai atau yang di kenal juga sebagai Roti Maryam ? Nah tak hanya di Malaysia, makanan ini juga terkenal dan menjadi favorit di negara-negara tetangga, lho!

Roti ini tentu tidak asing lagi nama nya di mata para penggemar makanan ini . Roti canai atau Roti Maryam merupakan makanan yang  berbahan dasar tepung Gandum berbentuk tipis bundar, berlapis dan memiliki tekstur yg unik. Dengan rasa yang ciri khas nya itu  gurih, lembut, sedikit asin dan juga terdapat rasa manis saat memakan roti ini .

Konon, Roti Canai ini berasal dari India dan  Timur Tengah . Tepat nya orang India menamakan makanan ini dari kata "Chennai"  yang kemudian ketika masuk ke Negara lain di sebut Roti Canai.

Roti canai ini juga memiliki banyak nama yang berbeda di setiap negara lain, salah satu nya yaitu di sebut Roti Prata yang di kenal oleh warga Singapura dan Malaysia. Di negara Timur Tengah makanan ini di kenal dengan nama Roti Maryam lalu di Eropa juga di sebut dengan nama Flying Bread. Sedangkan di Indonesia sendiri roti ini di sebut dengan Roti Canai.

Roti Canai ini masuk ke Indonesia melalui arus migrasi Muslim India pada saat Kesultanan Aceh di bagian Utara Sumatera, sekitar abad ke-17 dan kemudian menyebar di berbagai wilayah Nusantara.

Roti Canai ini di masak dengan cara di panggang di atas wadah besi gepeng yang di olesi dengan mentega sehingga rasanya gurih sekali . Biasa nya roti canai ini hanya di makan dengan kari ayam / daging . 

Namun saat ini  telah banyak sekali varian rasa nya , mulai dari rasa gula ( original) , coklat, pisang, keju, durian, selai buah, dan berbagai macam rasa lainnya.

Karena rasanya yang nikmat serta mengenyangkan, di negara Timur Tengah dan India makanan ini sering di konsumsi sebagai sarapan pagi . Sedangkan di Indonesia dan Malaysia makanan ini menjadi cemilan yang enak di nikmati bersama teh hangat, dan di sukai oleh kalangan anak-anak maupun orang dewasa.

Kalau kalian suka dan ingin mencoba makanan khas Timur Tengah dan Negara Malaysia ini, kalian tidak perlu jauh-jauh lagi untuk datang ke Negara itu . Karena di Indonesia sendiri sudah cukup banyak yang menyediakan makanan ini, baik di restoran khas Timur Tengah maupun di lapak-lapak para penjual nya.

Apa kalian ingin mencoba membuat nya ? Atau hanya ingin membeli saja.

Mungkin lebih enak di beli karena tidak ribet, tapi kalau kalian ingin membuat nya juga tidak masalah karena proses pembuatan nya sangat mudah untuk di praktikkan sehingga kalian akan mendapatkan roti canai yang banyak untuk bisa di hidangkan bersama keluarga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan