Mohon tunggu...
Henry Vienayoko
Henry Vienayoko Mohon Tunggu...

Beyond Imagination | Digital and Aviation Enthusiast | Passionate in Customer Experience and Sustainable Development |

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Innovation Nation: Kemerdekaan dan Nilai

18 Agustus 2012   03:07 Diperbarui: 25 Juni 2015   01:35 86 1 1 Mohon Tunggu...

Salam merdeka pada insan bangsa Indonesia setanah air. Ini mungkin merupakan tulisan saya yang kedua dalam bahasa Indonesia. Dan semoga tulisan ini dalam menjadi inspirasi untuk kita sebagai sesama insan bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan ini.

Merdeka, seperti yang sering kita dengar bahkan kata MERDEKA adalah kata kata yang ampuh dan disuarakan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia. Mereka tanpa perlu komando dan pamrih bersama sama memperjuangan kemerdekaan ini. Para pejuang ini sebenarnya telah memberikan contoh nyata bagi para insan bangsa yaitu, “Tanpa Komando”, dan “Tanpa Pamrih”. Nilai luhur yang sangat dalam artinya bila kita sebagai bangsa mau mempelajarinya.

Tanpa Komando, dapat di artikan dengan gamblangnya yaitu tanpa perlu di suruh. Nah, tanpa perlu di suruh ini artinya tidak perlu nunggu siapa yang mimpin. Karena perubahan itu dapat dilakukan oleh siapapun asal menuju sesuatu yang positif dan tidak merugikan orang lain.

Tanpa Pamrih, kalau di artikan dengan gamblang yaitu tanpa perlu komisi. Artinya bagaimana Anda, Saya dan Kita menjalani nilai nilai kehidupan tanpa perlu komisi; seperti misalnya membantu orang yang tidak mampu tanpa perlu nunggu bulan ramadhan; atau misalnya sebagai petugas tanpa perlu diberi komisi urusan administrasi dapat dilakukan dengan lancar dan tepat waktu. Dan lain sebagainya. Demikian banyaknya hal hal yang dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari hari, dan pertanyaannya adalah apakah Anda mau melakukannya?

Demikian banyak nilai nilai luhur dan telah di contohkan oleh para pendahulu kita, namun saying sering kali kita terbelenggu dengan yang namanya simbol-simbol sehingga kita sering kali pun lupa untuk menjalankan nilai nilai luhur tersebut. Sebagai sesama umat dan bangsa Indonesia, saya ingin sekali berbagi akan nilai nilai yang dapat kita pelajari sehari hari melalui interaksi dengan sesame.

Merdeka ! dan Berbudaya !

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x