Mohon tunggu...
winda gavrila
winda gavrila Mohon Tunggu... Jurnalistik Desa

Seputar informasi mengenai desa Cugung Lalang, kecamatan Ujan Mas, Kepahiang

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Warga Cugung Lalang Lakukan Pengecekan Tekanan Darah Gratis

18 Juli 2019   22:37 Diperbarui: 18 Juli 2019   22:45 6 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Warga Cugung Lalang Lakukan Pengecekan Tekanan Darah Gratis
foto arsip kegiatan

Cugung Lalang- Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa tekanan darah tinggi adalah penyebab kematian utama dari berbagai penyakit jantung yang terjadi. Hipertensi sering disebut sebagai silent killer alias pembunuh diam-diam, karena biasanya tidak menunjukkan gejala apa-apa, tapi bisa berujung fatal. (11/07/2019)

Oleh sebab itu, melakukan cek tekanan darah dengan rutin adalah hal yang harus dilakukan setiap orang. Dengan begitu, kita akan tahu kondisi kesehatan jantung kita sendiri. Memiliki tekanan darah normal menandakan  bahwa jantung mampu memberikan suplai darah yang berisi oksigen dan makanan ke semua organ tubuh dengan baik.

Namun, kebanyakan masyarakat Indonesia kurang menyadari hal ini dan jarang mengecek tekanan darah. Hal ini disadari oleh mahasiswa Universitas Bengkulu (UNIB) yang sedang menjalani kuliah kerja nyata (KKN) di desa Cugung Lalang, kecamatan Ujan Mas.

Lusi Angelia mahasiswa prodi Kedokteran melakukan sosialisasi mengenai pentingnya mengecek tekanan darah serta membantu masyarakat untuk mengecek tekanan darah masyarakat Cugung Lalang.

Dalam sosialisasi ini, Lusi Angelia juga menyampaikan kisaran tekanan darah normal pada seseorang "Untuk tekanan darah normal orang dewasa kisaran 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg, untuk tekanan darah yang menderita hipotensi kisaran dibawah 90/60 mmHg  dan untuk  tekanan darah yang menderita hipertensi 130/80 mmHg" terangnya

Sosialisasi ini dilakukan di Balai Desa Cugung Lalang setelah selesai melakukan Posyandu rutin.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x