Mohon tunggu...
Cucum Suminar
Cucum Suminar Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer

Belajar dari menulis dan membaca. Twitter: @cu2m_suminar

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Surat Lamaran Kerja, Sebaiknya Pakai Bahasa Indonesia atau Inggris?

21 September 2021   19:28 Diperbarui: 22 September 2021   04:38 196 18 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Surat Lamaran Kerja, Sebaiknya Pakai Bahasa Indonesia atau Inggris?
Surat lamaran kerja. | Foto: SHUTTERSTOCK/Fizkes diambil dari kompas.com

Saat melamar pekerjaan, terkadang kita bingung. Pada surat lamaran yang akan dikirimkan, apa bahasa yang harus kita gunakan? Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris? 

Terkadang kita tergoda untuk menggunakan Bahasa Inggris sebagai bukti kita menguasai dengan baik bahasa internasional tersebut. Apalagi di iklan lowongan pekerjaan disebutkan pelamar harus lancar berbahasa Inggris.

Padahal ada aturan yang tak tertulis, bila iklan lowongan pekerjaan menggunakan Bahasa Indonesia, lamaran yang diajukan sebaiknya menggunakan Bahasa Indonesia. Sebaliknya, bila iklan lowongan pekerjaan tersebut menggunakan Bahasa Inggris, surat lamaran sebaiknya juga menggunakan Bahasa Inggris.

Salah Menggunakan Bahasa, Bisa Tidak Lolos ke Tahap Selanjutnya

Ada kalanya bagian HRD/kepegawaian tidak begitu peduli pelamar menggunakan bahasa apa. Menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, oke-oke saja. Dengan catatan, semua kualifikasi yang menjadi persyaratan untuk mengisi posisi yang lowong terpenuhi secara tertulis oleh si pelamar tersebut.

Biasanya setelah beberapa waktu, pelamar tersebut akan dipanggil untuk mengikuti seleksi pada tahap selanjutnya. Seleksi tersebut nanti yang akan menentukan apakah si pelamar akan melaju ke seleksi selanjutnya dan diterima, atau berhenti di seleksi tersebut karena ada kandidat lain yang lebih sesuai.

Namun jangan salah, ada juga beberapa bagian HRD/kepegawaian yang sangat memperhatikan bahasa yang digunakan di surat lamaran. Mereka tidak akan memanggil pelamar yang menggunakan Bahasa Inggris di surat lamaran padahal di iklan lowongan pekerjaan mereka menggunakan Bahasa Indonesia. 

Sebaliknya, mereka juga tidak akan memanggil pelamar yang menggunakan Bahasa Indonesia di surat lamaran padahal mereka memasang iklan lowongan pekerjaan dengan menggunakan Bahasa inggris.

Ada salah satu teman yang merasa masuk kualifikasi, tetapi tidak dipanggil untuk mengikuti seleksi selanjutnya. Teman tersebut melamar ke salah satu instansi pemerintah sebagai pegawai tetap non PNS, saat itu ia menggunakan Bahasa Inggris di surat lamaran meski iklan lowongan pekerjaannya menggunakan Bahasa Indonesia. Hal itu dikarenakan di iklan lowongan pekerjaan ada persyaratan pelamar harus menguasai Bahasa Inggris dengan baik, baik lisan maupun tulisan.

Ia tidak dipanggil untuk mengikuti seleksi. Setelah kasak-kusuk bertanya --kebetulan memang ada yang kenal di instansi tersebut, ternyata ia tidak dipanggil karena di surat lamaran ia menggunakan Bahasa Inggris. Ia seharusnya menggunakan Bahasa Indonesia, walaupun tidak dicantumkan harus menggunakan Bahasa Indonesia di lowongan pekerjaan yang diiklankan instansi tersebut.

Mengapa Pemilihan Bahasa (Terkadang) Begitu Penting?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan