Mohon tunggu...
Cucum Suminar
Cucum Suminar Mohon Tunggu... Kompasianer

Belajar dari menulis dan membaca. Twitter: @cu2m_suminar

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Hidup Lebih Sehat dengan Kojima

4 Mei 2021   21:12 Diperbarui: 4 Mei 2021   21:29 323 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hidup Lebih Sehat dengan Kojima
Gaya hidup sehat dengan Kojima. | Dokumentasi Pribadi

Efek pandemi Covid-19 yang mulai merebak pada awal 2020 lalu, kita dituntut untuk lebih peduli kesehatan. Suka tidak suka, mau tidak mau, untuk meminimalisir terpapar virus corona, kita harus meningkatkan daya tahan tubuh, menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, hingga mengaplikasikan pola hidup yang lebih bersih.

Terlebih dampak Covid-19 sangat beragam. Gejala setiap orang saat terpapar virus yang cukup mematikan tersebut berbeda. Ada yang masih terlihat sehat meski sudah terinfeksi, ada yang  hanya mengalami demam, batuk, dan pilek, tetapi ada juga yang sampai kejang, sesak napas, hingga meninggal dunia.

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada tubuh kita saat terpapar Covid-19. Kalau memang tanpa gejala, atau hanya batuk dan pilek, kalau sampai kejang, sesak napas, atau meninggal? Tok! Tok! Tok! Amit-amit ya. Itu makanya, jangan sampai terpapar virus tersebut. Jangan sampai terinfeksi.

Kesehatan, Tidak Bisa Dibeli dengan Uang

Kesehatan itu aset yang sangat berharga. Kalau kita tidak punya uang, tetapi sehat, kita bisa mengupayakan apapun agar tetap bisa menghasilkan uang. Namun, kalau kita sakit, terbaring tak berdaya, meski memiliki uang banyak, tidak serta merta bisa menghilangkan sakit yang kita derita.

Kalau badan sehat lebih leluasa melakukan apapun, termasuk travelling. | Dokumentasi Pribadi
Kalau badan sehat lebih leluasa melakukan apapun, termasuk travelling. | Dokumentasi Pribadi
Kita bisa membayar orang untuk menggantikan kita memasak, membersihkan rumah, mengelola perusahaan, hingga hamil dan melahirkan. Namun, kita tidak bisa membayar orang untuk mengalihkan sakit yang kita derita, yang kita idap. Sebanyak apapun uang yang kita miliki. Tak hanya sakit efek Covid-19, tetapi juga sakit yang lain.

Oleh karena itu, saat kita dianugrahi kesehatan yang baik oleh Allah SWT, harus kita jaga, harus kita syukuri dengan menjaga kesehatan itu sendiri. Percaya deh, hidup dengan kesehatan yang prima itu lebih menyenangkan. Kita lebih leluasa menikmati hidup, melakukan apapun yang kita sukai.

Terapkan Gaya Hidup Sehat

Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Tak hanya untuk jasmani, tetapi juga rohani.

Gaya hidup sehat? Pasti ribet! Tidak kok, ada banyak cara sederhana yang dapat kita lakukan agar tubuh dan jiwa kita tetap sehat. Apa saja? Berikut daftarnya.

Olahraga Teratur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x