Mohon tunggu...
Cucum Suminar
Cucum Suminar Mohon Tunggu... Kompasianer

Belajar dari menulis dan membaca. Twitter: @cu2m_suminar

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Lompat Tali, Olahraga Menyenangkan Saat Ramadan

29 April 2021   15:02 Diperbarui: 29 April 2021   15:39 447 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lompat Tali, Olahraga Menyenangkan Saat Ramadan
Lompat tali, olahraga ringan saat Ramadan. | Dokumentasi Pribadi

Saat berpuasa di Bulan Ramadan, banyak orang yang mengurangi kegiatan fisik. Alasannya menghemat energi, badan terlalu lemas, atau takut haus. Alhasil, jangankan berolahraga, jalan kaki ke warung dekat rumah saja enggan. Kalau tidak penting-penting banget, tetap "mager" di rumah. Padahal olahraga itu sama pentingya seperti makan dan minum. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapat bila rutin berolahraga. Terlebih di Bulan Ramadan.

Mengusir Kantuk

Tidak makan dan minum dari terbit fajar hingga tenggelam matahari, membuat kita malas dan cepat mengantuk. Maunya sepanjang hari rebahan saja. Padahal selama Ramadan, kegiatan rutin tidak berkurang.

Malah mungkin bertambah. Sebab, di bulan mulia yang penuh rahmat dan ampunan ini, kita seharusnya lebih banyak beribadah, mulai dari ibadah wajib hingga sunah, bukannya bermalas-malasan.

Nah, olahraga bisa membuat kita lebih bersemangat. Rasa malas dan kantuk bisa hilang. Hal tersebut dikarenakan olahraga dapat mengubah lemak dalam tubuh menjadi glukosa. Sehingga, bisa mengusir rasa lemas dan kantuk.

Meski demikian, jangan terlalu memporsir tubuh ya. Lakukan olahraga yang ringan saja, yang penting tubuh tetap bergerak. Selain itu, sebaiknya dilakukan sore hari menjelang berbuka puasa. Sehingga, kalau haus kita tidak terlalu lama tersiksa dengan hasrat ingin minum tersebut.

Menjaga Berat Badan

Saat berbuka puasa terkadang kita makan dan minum dengan kalap. Melebihi porsi yang kita butuhkan. Alhasil kalori dalam tubuh bertumpuk-tumpuk. Nah, dengan berolahraga kita bisa mengubah makanan dan minuman penuh kalori tersebut menjadi energi. Alhasil, meski makan sedikit berlebih, badan tetap terjaga.

Selain itu, saat berbuka puasa kita juga kerap mengkonsumsi aneka minuman manis yang banyak mengandung gula, mulai dari sirup, es buah, hingga kolak. Hal tersebut bisa menyebabkan meningkatnya gula darah dalam tubuh yang dapat mengakibatkan diabetes. Nah, dengan olahraga kadar insulin dalam tubuh akan meningkat, sehingga bisa mencegah penyakit diabetes.

Olahraga Apa Saja?

Olahraga saat berpuasa di Bulan Ramadan sebaiknya yang ringan-ringan saja. Bisa jogging atau jalan kaki di sekitar rumah, treadmill,  bersepeda, yoga, sepatu roda, senam, lompat tali, atau skipping, atau jump rope, atau bahkan sekadar naik turun tangga di dalam rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x