Mohon tunggu...
Cucum Suminar
Cucum Suminar Mohon Tunggu... Kompasianer

Belajar dari menulis dan membaca. Twitter: @cu2m_suminar

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Minum KOJIMA, Rahasia Tetap Bugar Saat Puasa

20 April 2021   20:15 Diperbarui: 20 April 2021   20:16 385 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Minum KOJIMA, Rahasia Tetap Bugar Saat Puasa
Kojima, korma, madu, jinten agar puasa tetap bugar. | Dokumentasi Pribadi

Puasa, kan? Tapi kok segar?

Pertanyaan tersebut diucapkan salah satu teman sekolah menengah saya beberapa hari lalu, saat kami bertemu untuk melepas kangen. Ia yang berdomisili di Bogor, Jawa Barat, kebetulan sedang mengunjungi suaminya yang sedang bertugas di Batam, Kepulauan Riau.

Jadi kami memutuskan bertemu sebentar di salah satu fasilitas umum tak jauh dari tempat suaminya tinggal. Sekadar berfoto bersama dengan jarak yang (sedikit) berjauhan karena mengikuti imbauan protokol kesehatan dari pemerintah.

Rutin Mengkonsumsi Madu

Tak heran sebenarnya bila teman saya curiga kalau saya sedang tidak berpuasa. Sebab, orang yang sedang menjalankan ibadah puasa, umumnya terlihat lemas dan  lesu. Terutama pada hari-hari awal di Bulan Ramadan. Saat tubuh masih beradaptasi dengan pola makan dan pola tidur yang baru. Namun, saya mungkin terlihat kebalikannya. Saya justru terlihat begitu bersemangat.

Dengan Kojima, meski berpuasa badan tetap terasa segar. | Dokumentasi Pribadi
Dengan Kojima, meski berpuasa badan tetap terasa segar. | Dokumentasi Pribadi
Puasa Ramadan di tahun-tahun sebelumnya, saya pun sebenarnya seperti itu. Pada awal-awal Ramadan, badan terasa lemas dan lesu. Bila tidak memaksakan diri, maunya rebahan saja. Kalau tidak tidur pulas, berbaring sambil memainkan gawai. Entah bermain games, haha hihi melalui aplikasi pesan instan dan media sosial, atau membaca aneka kabar terbaru dari portal berita.

Namun,  puasa di Ramadan tahun ini berbeda. Tidak ada lagi lemas dan lesu. Itu karena saya sudah rutin mengkonsumsi madu. Saya mulai rutin mengkonsumsi superfood itu sejak pandemi Covid-19 semakin merebak di Indonesia. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apalagi beberapa teman dan kerabat dekat sudah ada yang terpapar Covid-19. Meski sekarang mereka sudah sembuh.

Baik Dikonsumsi Saat Puasa 

Madu ternyata baik dikonsumsi saat berpuasa di bulan Ramadan. Ada banyak manfaat dari cairan yang dikumpulkan lebah dari nektar-nektar bunga itu. Apa saja manfaatnya?

Madu. | Dokumentasi Shutterstock yang diambil dari kompas.com
Madu. | Dokumentasi Shutterstock yang diambil dari kompas.com
Mengurangi Bau Mulut

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x