Mohon tunggu...
Cucum Suminar
Cucum Suminar Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer

Belajar dari menulis dan membaca. Twitter: @cu2m_suminar

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Saat Harus Mengganti Kartu ATM di Tengah Pandemi Corona

11 April 2020   16:50 Diperbarui: 13 April 2020   10:08 1380
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi mesin ATM (Thinkstock.com/uncle_daeng) via Kompas.com

Hati-hati dengan lintasan pikiran karena bisa berubah menjadi kenyataan.

Entah mengapa, sejak virus corona merebak, setiap kali saya mengantre untuk mengambil uang di ATM selalu terlintas tanya dalam benak, "Sedang social distancing seperti ini, bagaimana bila kartu ATM milik kita bermasalah, tertelan misalkan, atau terblokir? Pasti repot mengurusnya."

Lalu, entah lintasan pikiran yang ke berapa, kartu ATM saya benar-benar terblokir. Minggu (5/4) pagi, saat saya akan mengambil uang di salah satu mesin ATM dekat rumah, kartu ATM Mandiri saya tiba-tiba tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. 

Saat hendak mengambil uang, bukan uang yang keluar, tetapi suara mesin ATM yang berbunyi lumayan kencang --seperti sedang memutar sesuatu. Setelah itu, lalu muncul tulisan, "Kartu ATM Anda tidak dapat digunakan".

Saya pernah mengalami hal serupa beberapa kali. Sehingga, tidak terlalu panik. Biasanya bila pindah mesin ATM, kartu akan berfungsi seperti biasa. Seolah tidak terjadi apa-apa. Namun, saat itu, saya sudah pindah ke mesin ATM lain pun, kartu ATM saya ternyata tetap tidak bisa digunakan.

Gambar diambil dari infoperbankan.com
Gambar diambil dari infoperbankan.com
Saat menghubungi Layanan Pelanggan Mandiri di nomor 14000, salah satu petugas mengatakan, kartu ATM saya secara otomatis sudah terblokir oleh mesin. Sehingga, harus diganti baru di kantor cabang Bank Mandiri terdekat. 

Petugas itu mengatakan, memang ada beberapa mesin ATM Mandiri yang akan langsung memblokir kartu bila mesin tersebut berputar-putar lama dan tidak mengeluarkan uang yang akan ditarik.

Saat diberitahu harus mengganti kartu di kantor cabang terdekat, saya sedikit lemas. Malas harus mengantre ke customer service, terlebih di tengah pandemik corona seperti ini. Apalagi petugas layanan pelanggan tersebut mengatakan, efek covid-19 tidak semua kantor cabang Mandiri beroperasi seperti biasa.

Lalu dengan baik hati, petugas tersebut menyebutkan daftar kantor cabang Bank Mandiri yang tetap beroperasi di Batam di tengah corona yang semakin merebak. Saat saya menanyakan apakah Kantor Cabang Bank Mandiri Palm Spring beroperasi seperti biasa? Petugas tersebut mengatakan tidak ada dalam daftar.

Ia mengatakan, hal tersebut ada dua kemungkinan, pertama nama kantor cabangnya bukan seperti yang saya sebutkan, kedua kantor cabang tersebut memang sedang tidak beroperasi dulu selama corona merebak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun