Mohon tunggu...
Cucum Suminar
Cucum Suminar Mohon Tunggu... Kompasianer

Belajar dari menulis dan membaca. Twitter: @cu2m_suminar

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Empat Rekomendasi Tempat Wisata Saat Ramadan

16 Mei 2019   13:26 Diperbarui: 16 Mei 2019   13:55 0 7 2 Mohon Tunggu...
Empat Rekomendasi Tempat Wisata Saat Ramadan
Ramadan bukan halangan untuk tetap berwisata. | Dokumentasi Pribadi

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, jangan dijadikan halangan untuk pelesiran. Apalagi berwisata umumnya dapat membuat badan lebih bugar, dan pikiran lebih segar. Sehingga diharapkan, kita lebih bersemangat menjalankan ibadah yang diwajibkan bagi umat muslim ini selama satu bulan penuh.

Hanya saja, karena stamina tubuh yang tidak seoptimal bulan-bulan lain di luar Ramadan, sebaiknya kita pintar-pintar memilih destinasi wisata. Jangan pelesiran ke tempat wisata outdoor yang memiliki suhu menyengat. Bisa-bisa nanti kita tersiksa karena harus lebih kuat menahan haus. Jangan pula bersenang-senang di tempat wisata yang dimakruhkan, ke waterboom misalnya, berenang sepanjang siang.

Lalu tempat wisata seperti apa yang cocok dikunjungi saat berpuasa? Yuk, disimak ulasannya.

Berkunjung ke Museum

Museum merupakan destinasi wisata yang cocok dikunjungi saat Ramadan. Museum umumnya dibangun secara indoor  dan diberi pengatur suhu ruangan sehingga suhu selalu terjaga, tidak terlalu panas, namun juga tidak terlalu sejuk. Kalaupun tidak diberi air conditioner, atap museum biasanya tinggi-tinggi. Sehingga, sirkulasi udara lebih lancar dan tidak membuat gerah.

Bisa melihat aneka hewan yang diawetkan di Museum Zoologi Bogor. | Dokumentasi Pribadi
Bisa melihat aneka hewan yang diawetkan di Museum Zoologi Bogor. | Dokumentasi Pribadi
Selain itu, bila kita berkunjung ke museum, kita bisa menambah wawasan dan pengalaman. Bukankah menambah ilmu saat berpuasa itu berpahala? Apalagi Islam tidak pernah membatasi pahala hanya untuk ilmu yang berkaitan dengan agama. Menggali ilmu pengetahuan umum pun tetap mendapat ganjaran baik.

Apalagi Indonesia memiliki banyak museum. Hampir setiap kota memiliki museum. Ada museum Zoologi di Bogor, Jawa Barat, Museum Adityawarman di Padang, Sumatera Barat, Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, hingga Museum Tsunami, di Banda Aceh, Aceh.

Terlebih harga tiket masuk ke museum umumnya sangat terjangkau. Pengunjung jarang ada yang berkunjung ke museum sambil makan dan minum. Selain itu, biasanya tidak ada batas waktu bagi pengunjung untuk berkeliling museum. Pengunjung dapat berkeliling sepuasnya. Paling dibatasi sesuai jam operasional.

Berkunjung ke Perpustakaan

Perpustakaan mungkin bukan destinasi wisata populer. Belum banyak orang Indonesia yang memanfaatkan perpustakaan untuk "bersenang-senang". Padahal berkunjung ke perpustakaan justru bisa membuat pikiran lebih rileks. Apalagi sekarang sudah mulai banyak perpustakaan yang tidak hanya menawarkan deretan ilmu melalui buku, tetapi juga kegiatan yang lumayan menarik, terutama untuk anak-anak.

Perpustakaan Jabal Arafah. | Dokumentasi Pribadi
Perpustakaan Jabal Arafah. | Dokumentasi Pribadi
Ada beberapa perpustakaan yang kerap mengadakan kegiatan mendongeng. Salah satunya Perpustakaan Nasional RI. Dulu Perpustakaan Daerah Kota Bogor, Jawa Barat, juga kerap mengadakan kegiatan mendongeng untuk anak-anak. Sekarang saya kurang tahu apakah kegiatan yang sangat positif tersebut masih berlangsung atau tidak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2