Mohon tunggu...
Cucu Fauziah
Cucu Fauziah Mohon Tunggu... Mahasiswi

Bogor

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bapak Isnandar, Pejuang Pelestari Seni Wayang Orang Bharata

21 Mei 2019   21:40 Diperbarui: 21 Mei 2019   22:14 31 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bapak Isnandar, Pejuang Pelestari Seni Wayang Orang Bharata
Bapak Isnandar seniman wayang orang bharata

Zaman sekarang, seni tradisional sudah tidak lagi diminati banyak orang, seperti tari tradisional, musik tradisional, dan lain-lain, namun ternyata masih ada seniman yang tetap melestarikan seni dan kebudayaannya, salah satunya seni wayang orang bharata. 

Seniman yang sampai sekarang masih tetap bertahan untuk melestarikan budayanya yaitu Bapak Isnandar Adi Sumarsono (34). Beliau bergabung di paguyuban wayang orang bharata ketika dirinya masih kecil. Beliau juga merupakan pelatih tari tradisional.

Profesi di bidang kesenian wayang orang ini ternyata merupakan turun temurun dari keluarganya, sehingga Bapak Isnandar pun ikut terjun ke dunia seni wayang orang bharata. 

Bapak Isnandar sempat bekerja dibidang lain sebelum ia sukses mendalami kesenian wayang orang ini. Beliau pernah bekerja di pabrik, pernah menjadi talent di studio fantasi dan lain-lain, namun dirinya merasa pekerjaan itu tak sesuai dengan passion-nya. Beliau mengaku selalu ingin kembali ke dunia seni, khusunya dunia seni wayang orang bharata.

Seni wayang orang bharata sudah melekat pada dirinya, karena faktor dari keluarga yang merupakan para seniman juga, sehingga akhirnya beliau memutuskan untuk benar-benar fokus pada pekerjaan sebagai seorang seniman, meski keuntungan yang ia dapatkan tidak seberapa.

Pertunjukan seni wayang orang bharata
Pertunjukan seni wayang orang bharata
Menurutnya, profesi sebagai seniman itu berbeda dengan profesi yang lainnya. Ketika  pegawai punya gaji tetap setiap bulannya, seniman hanya berlaku sistem upah, artinya ketika mereka melakukan pagelaran atau pementasan, disitulah mereka mendapatkan keuntungan. 

Namun menurutnya, bekerja sebagai seorang seniman wayang orang bharata adalah bentuk pengabdiannya untuk melestarikan seni wayang orang bharata.

Beliau melaksanakan kegiatan pentas wayang orang bharata hanya setiap seminggu sekali yaitu pada hari sabtu, sehingga pendapatannya pun bisa dibilang cukup, namun beliau tetap bersemangat untuk bisa melestarikan kebudayaannya. 

Beliau merasa bahwa dengan seni wayang orang, beliau bisa melatih budi pekerti dan sopan santun, karena setiap alur cerita dari pementasan wayang orang bharata ini mengangkat tentang kejadian yang pernah dialami dan pastinya memberikan pelajaran mengenai budi pekerti dan sopan santun.

Bapak Isnandar pada saat pertunjukkan wayang orang bharata
Bapak Isnandar pada saat pertunjukkan wayang orang bharata
"Dari wayang orang sendiri, kita sudah bisa melatih sopan santun,sesuai dengan semboyan atau visi misi wayang orang bharata, salam pelestari budaya negeri", ujar bapak Isnandar. Beliau menyatakan bahwa melestarikan seni wayang orang merupakan tanggung jawab kita bersama.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x