Mohon tunggu...
Cucu Suwandana
Cucu Suwandana Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa Program Doktoral UNINUS Bandung

Cucu Suwandana adalah Kepala SMPN 2 Talegong Kabupaten Garut, penulis buku "layanan pelet sutera" ,"mendongkrak profesionalisme guru di daerah tertinggal" dan "Pelet sutera" dari sudut pandan Agama, Filsafat,Psiokologi, dan Sosiologi. Kepala SMP inspiratif terbaik tingkat nasional tahun 2021

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

"Refleksi Diri" Suatu Hal yang Sering Dilupakan Guru (Part 3)

16 April 2022   00:22 Diperbarui: 16 April 2022   00:26 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PERMASALAHAN YANG SERING MUNCUL DALAM MELAKUKAN REFLEKSI

  • Bagaimana jika dalam kegiatan refleksi salah satu peserta memonopoli percakapan?

Penyelesaian :  Review sudut pandang peserta, beri penegasan, lalu lanjutkan diskusi dalam forum. Fasilitasi peserta lain untuk turut memberikan pendapat.

  • Bagaimana jika dalam refleksi bahasan diskusi semakin melebar?

Penyelesaian: Rangkum sudut pandang peserta, beri penegasan, ingatkan untuk kembali fokus pada topik. Fasilitasi peserta lain untuk turut memberikan pendapat.

  • Bagaimana jika peserta melakukan percakapan pribadi selama diskusi kelompok berlangsung?

Mulailah dengan menggunakan metode nonverbal untuk mendapatkan perhatian peserta seperti melakukan kontak mata atau mendekati mereka. Ajukan pertanyaan kepada salah satu peserta yang berbicara - pastikan untuk memanggil mereka dengan namanya terlebih dahulu, agar bersedia membagikan pendapatnya dalam forum.

  • Bagaimana jika ada banyak perbedaan pendapat dalam kelompok?

Penyelesaian: Jika ada perbedaan pendapat, rangkum dan tegaskan kembali sudut pandangnya dan minta pendapat peserta lain. Dorong peserta lain untuk turut memberikan pertimbangan, lalu sampaikan pendapat Anda dan berikan pertimbangan-pertimbangan beserta argumen yang mendukung secara positif. Tetap netral.

  • Bagaimana jika salah seorang peserta "mengganggu" diskusi dalam kelompok?

Penyelesaian: Gunakan kontak non verbal (seperti: kontak mata) untuk mendapatkan perhatian peserat tersebut Tetap focus pada forum, abaikan perilaku yang tidak mengganggu jalannya diskusi dlama forumbesar. Namun jika terpaksa, bisa meminta peserta secara pribadi dan berikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat.

  • Bagaimana jika salah seorang peserta sibuk sendiri dengan aktivitas pribadi selama sesi diskusi berlangsung?

Penyelesaian: Coba cara nonverbal untuk membuat peserta berhenti. Jika kegiatan kelompok sedang berlangsung, datangi kelompok dan mintalah semua orang untuk berpartisipasi. Abaikan perilaku peserta "pasif" selama hal tersebut  tidak mengganggu jalannya diskusi.

  • Bagaimana jika peserta tidak mengikuti refleksi?

Penyelesaian : Jika sedang berada di tengah-tengah diskusi, coba ajak peserta untuk terlibat diskusi secara non verbal. Kemudian pada saat jam istirahat, ajak peserta ngobrol-ngobrol ringan, dan coaching peserta agar dapat terlibat aktif selama proses refleksi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun