Mohon tunggu...
Cucu GinaCahyani
Cucu GinaCahyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Teknik Membaca Karya Sastra: Puisi, Prosa, dan Drama

30 November 2022   23:11 Diperbarui: 30 November 2022   23:28 219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam memahami sebuah karya sastra pada dasarnya bukanlah persoalan yang mudah, karena pemahaman sastra berkaitan erat dengan proses sifat karya sastra itu sendiri. 

Maka untuk itu kita harus mengetahui bagaimana teknik-teknik dalam membaca karya sastra. Sebelumnya kita juga harus mengetahui pengertian membaca, pengertian sastra, dan membaca karya sastra.

Pengertian Membaca

Membaca merupakan aktivitas yang menyertakan kemampuan menganalisis materi yang dibaca. Keterampilan membaca tidak hanya menyebutkan atau membaca huruf, akan tetapi juga dapat menemukan arti dari apa yang dibaca. 

Membaca mempunyai peran penting dalam konteks kehidupan manusia. Pada umumnya keterampilan membaca bisa diperoleh di mana saja, salah satu nya mempelajarinya di sekolah dengan membaca karya sastra. 

Membaca karya sastra yang berhubungan langsung mengenai perkembangan pola pikir, pemikiran kritis, dan penyaringan alur serta jalan cerita menjadi sebuah stimulus tersendiri dalam membaca karya sastra.

Pengertian Sastra                 

Sastra merupakan jendela jiwa, sastra merepresentasikan manusia dalam bermacam-macam aksi (action) untuk memenuhi hasrat yang diinginkan. Obyek ilmu sastra adalah unsur kesusastraan yang melahirkan sebuah ungkapan bahasa termasuk sastra. 

Selain unsur-unsur bahasa (struktur, fungsi politik, gaya) faktor historiko pragmatik dan psikososial, juga memiliki peranan, misalnya unsur rekaan dalam komunikasi bahasa, perkembangan pengertian sastra dan sebagainya.

Membaca Karya Sastra

Dalam kegiatan membaca karya sastra, pembaca bukan hanya bertujuan memahami, menikmati, dan menghayati, melainkan juga bertujuan memberi penilaian. Karya sastra dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu prosa, puisi, dan drama

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun