Mohon tunggu...
Luthfi Anggoro W
Luthfi Anggoro W Mohon Tunggu... Freelancer - Ya karyawan, ya penulis artikel. Hehehe

Ya karyawan, ya penulis artikel. Hehehe

Selanjutnya

Tutup

Home

Apa Itu Amplop Bangunan

8 April 2024   22:45 Diperbarui: 8 April 2024   22:49 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Pixabay dengan edit pribadi

Istilah amplop bangunan mungkin masih terdengar asing di telinga Anda, padahal ini adalah salah satu elemen penting dari hunian. Adapun nama lain bagian ini adalah building envelope.

Pada dasarnya bagian ini adalah apapun yang memisahkan bagian dalam dan luar ruangan dengan memerhatikan beberapa elemen. Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Amplop Bangunan?

Amplop bangunan atau selubung bangunan yaitu segel pelindung untuk orang-orang dan benda-benda yang ada di dalam bangunan tersebut. Pada musim dingin, selubung bangunan bermanfaat untuk mencegah udara panas keluar sehingga ruangan menjadi hangat.

Lalu ketika musim panas tiba, amplop bangunan akan mencegah udara sejuk dalam ruangan keluar ruangan sehingga Anda tetap merasa nyaman walaupun terus di rumah. Menggunakan amplop bangunan dapat mengefisiensi energi sehingga menghemat pengeluaran.

Teknologi ini memengaruhi banyak faktor dalam bangunan mulai dari konsumsi energi bangunan, ventilasi, pencahayaan ruangan, dan energi yang dibutuhkan untuk mendinginkan dan memanaskan hunian.

Selubung bangunan atau building envelope adalah segala sesuatu yang memisahkan bangunan bagian luar dengan bagian dalam. Hal ini termasuk jendela, lantai, dinding, pintu, dan atap bangunan.

Elemen dalam Amplop Bangunan

Baca juga: Apa Itu Umpan Lure?

Ada beberapa elemen dalam selubung bangunan yang berfungsi untuk menciptakan konstruksi ramah bagi penghuni. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai elemen dalam selubung bangunan tersebut.

Air Flow

Air flow adalah aliran udara yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan hunian. Udara menjadi kebutuhan bagi penghuni agar bisa bernapas dengan lega. Sehingga perlu memastikan bahwa udara yang dihadirkan dalam hunian tersebut bersih.

Satu-satunya cara untuk memastikan aliran udara sehat adalah memberikan ventilasi yang benar dan baik. Terkadang pemasangan blower masih kurang optimal, sehingga dalam bangunan khususnya di bagian pintu dan jendela membutuhkan aliran udara yang baik.

Temperature Regulation

Elemen berikutnya dalam selubung bangunan adalah temperature regulation atau thermal control. Elemen ini disebut sebagai pengatur suhu di kondisi cuaca panas dan dingin. Di Indonesia pada musim kemarau sering berada di suhu 37 hingga 40 derajat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun