Mohon tunggu...
Luthfi Anggoro W
Luthfi Anggoro W Mohon Tunggu... Freelancer - Si Paling Suka Ngetik di Otomotips.com

Si Paling Suka Ngetik di Otomotips.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

4 Keunggulan Ulat Blimbing untuk Umpan Ikan

11 November 2022   14:05 Diperbarui: 11 November 2022   14:08 374
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ulat Blimbing, Sumber : Umpanmancing.net

Umpan untuk memancing dibedakan menjadi dua, yaitu umpan hidup serta buatan. Kali ini akan dijelaskan salah satu umpan hidup, yaitu ulat blimbing yang ampuh untuk ikan air tawar. Dimana keunggulan ulat blimbing untuk ikan air tawar, dianggap killer untuk berbagai jenis ikan. Misalnya wader abang, tawes, lunjar padi, wader kepek, wader cakul, ikan putihan, dan masih banyak lagi.

Memang banyak jenis ulat untuk umpan, contohnya ulat hongkong, ulat jerman, ulat padi, dan lainnya. Sedangkan untuk ulat blimbing sendiri lebih akrab disebut 'set blimbing', karena ditemukan di dalam buah blimbing yang telah busuk. Seperti yang diketahui, semua buah yang terlalu masak akan terdapat ulat kecil di dalamnya, begitupun dengan buah blimbing.

Artikel ini akan menjabarkan keunggulan ulat blimbing sebagai alternatif umpan hidup. Agar mendapatkan keseluruhan insight-nya, baca ulasan ini hingga selesai!

Keunggulan Ulat Blimbing Untuk Umpan Ikan

Untuk menentukan jenis umpan, Anda perlu memperhatikan situasi dan waktu melakukan aktivitas memancing. Ulat blimbing yang digunakan untuk umpan akan lebih efektif saat digunakan di malam hari. Hal ini karena minimnya sinar matahari akan meningkatkan nafsu makan ikan. Pun yang paling penting, tidak ada ikan yang tidak menyukai 'set blimbing/belatung'.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa ulat blimbing termasuk belatung, karena terdapat di buah yang terlalu masak. Beberapa penjelasan menyimpulkan, ikan air tawar banyak menyukai umpan ini, sebut saja ikan trout, redfin, cod, yellow belly, macquarie, carp, tech, roach, dan ikan mas sekalipun.

Untuk mengetahui keunggulan ulat blimbing untuk umpan ikan, berikut deskripsi lengkapnya!

Semua Jenis Ikan Menyukai Ulat Blimbing

Jika melihat dari kelompoknya, ulat blimbing merupakan belatung. Karakteristik inilah yang disukai banyak ikan. Hampir semua jenis ikan menyukainya dan memakan belatung. Pun ada yang mengatakan, 'jika semua yang berenang menyukai belatung'. Jika Anda ingin menangkap ikan tawar tertentu, seperti ikan mas dan nila, maka ulat blimbing adalah  jawaban tepatnya!

Umpan Tepat Untuk Ikan Besar

Ini menyangkut jenis umpan yang bagus untuk memancing. Mengapa demikian? Tentunya ini terlihat menarik bagi ikan, baik dari segi warna, ukuran, dan bentuknya.

Penyimpanan Cukup Mudah

Poin ini sangat penting dan perlu diperhatikan. Berdasarkan sifatnya, maka ulat blimbing mudah disimpan, karena mampu bertahan hidup dalam beberapa minggu. Anda hanya perlu menyimpan di suhu yang rendah, tetapi tidak beku. Misalnya, menyimpannya di lemari es khusus, dan dilengkapi dengan bungkusan kantong plastik atau wadah tertutup.

Mudah Didapatkan

Untuk mendapatkan ulat blimbing cukup mudah, Anda bisa mencarinya sendiri pada buah blimbing yang terlalu masak. Pun cara praktisnya juga ada, yaitu membeli di toko umpan. Sekarang ini nelayan-nelayan juga memperjual belikan umpan ulat blimbing dengan harga murah. Sehingga akan menghemat pengeluaran Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun