Mohon tunggu...
Christine Setyadi
Christine Setyadi Mohon Tunggu... Jurnalis - a mother of two yang lagi bucin dengan kisah-kisah sejarah

to write is to heal and empower.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Keluarga dan Masa Kembang Sukarno

6 Juli 2022   18:35 Diperbarui: 6 Juli 2022   19:51 249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Sebelum membaca buku biografi Sukarno, pengetahuan saya soal beliau bisa dibilang hampir nol. Sebatas fakta yang disajikan buku teks semasa sekolah.

Saya tidak tahu asal-usulnya. Siapa Ayahnya, siapa Ibunya. Bagaimana perjalanan hidupnya? 

Kok bisa-bisanya dipercaya memimpin puluhan juta orang untuk merebut kemerdekaan?

Tidak main-main!

Saya kepo dong: siapa orang ini?

Sumber saya untuk berkenalan dengannya adalah buku "Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat" yang ditulis wartawati Cindy Adams. Buku yang terdiri dari 33 bab dan 415 halaman ini ditulis dengan gaya narasi.

 Gaya penulisan ini membuat saya dibawa menyelami perjalanan batin dan pikiran seorang Sukarno, sehingga ketika ia mengalami suatu peristiwa, kita seolah dibawanya serta untuk ikut memahami mengapa sebuah peristiwa bisa terjadi seperti yang tergores dalam sejarah.

Untuk berbagi kisah dengan pembaca yang mungkin pengetahuannya soal Sukarno mirip dengan saya (dulu), pada tulisan kali ini saya ingin menulis soal bagaimana Sukarno dibesarkan.

Seperti apa masa kecilnya? 

Seperti apa didikan dalam keluarganya?  

Periode kehidupan ini menurut saya amat perlu diketahui, karena peran keluarga yang bukan main besar terhadap jalan hidup seorang Sukarno.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun