Mohon tunggu...
Caesar Nova Arrasyiid
Caesar Nova Arrasyiid Mohon Tunggu... "Verba volant, scripta manent."

Menyukai Traveling. Magnet Rezeki. Satu, Sama dan Terhubung. Rezeki manusia itu berada pada kemuliaan dan kebahagiaan orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peran Orangtua Memahami Sistem Pembelajaran Online

23 September 2020   07:54 Diperbarui: 23 September 2020   07:59 77 2 0 Mohon Tunggu...

Rabu, 23/09/2020

Sejak dimulainya pemberitaan mengenai virus covid-19 hingga diberlakukannya sistem PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa wilayah. Akhirnya kita pun sebagai orang tua harus paham dengan sistem pembelajaran yang dilakukan secara daring

Misalnya dalam perkuliahan online semua materi disampaikan melalui tatap muka virtual dan Mahasiswa dituntut untuk lebih aktif dalam penggunaan sistem e-learning yang sudah disediakan oleh masing-masing kampus. 

Peran kita sebagai orang tua juga harus mau tahu dengan perkembangan yang ada, kalau lah anak sudah maju satu langkah, kita juga harus lebih maju satu langkah darinya. Artinya kita harus mau belajar juga untuk mengerti sistem pembelajaran yang dilakukan secara online.

Sehingga suasana belajar yang terjadi pada anak akan terasa lebih hidup seperti pembelajaran yang terjadi di sekolah atau kampus, sebab orang tua pun berperan penting sebagai pengajar sekaligus juga teman diskusi. Di satu sisi berusaha untuk membuat anak mengerti dalam mempelajari materi yang diinstrusikan oleh pengajar, lalu di sisi lain mengajak anak diskusi agar terjadi interaksi dan melatih cara berpikir kritis mereka. Maka suasana belajar online pun terasa seperti belajar di kelas pada umumnya.

VIDEO PILIHAN