Mohon tunggu...
Cristin dwi ardelia Safira
Cristin dwi ardelia Safira Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswi Psikologi Untag Surabaya Melakukan Psikoedukasi Mengenai Pentingnya Kebersihan pada Anak

5 Juli 2022   09:32 Diperbarui: 5 Juli 2022   09:35 81 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

MAHASISWA PSIKOLOGI UNTAG SURABAYA MELAKUKAN PSIKOEDUKASI MENGENAI PENTINGNYA KESADASARAN AKAN KEBERSIHAN PADA ANAK DI LKSA PESANTREN BISMAR AL MUSTAQIM

            Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat ini memiliki banyak manfaat, tujuan dan tidak hanya untuk menyelesaikan kewajiban mata kuliah saja. Beberapa tujuan dan manfaat tersebut untuk meningkatkan empati serta kepedulian mahasiswa, menanamkan nilai kepribadian, berkontribusi kepada masyarakat, membantu kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

            Mahasiswi dari Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surbaya, yang bernama Cristin Dwi Ardelia lakukan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 bulan dengan didampingi oleh Ibu Aliffia Ananta, S.Psi., M.Psi.,Psikolog selaku dosen pembimbing lapangan yang merupakan salah satu dosen dari Fakultas Psikologi.

            Pada Kegiatan KKN yang terangakum dalam program BKP MBKM (Bentuk Kegiatan Pembelajaran Merdeka Belajar -- Kampus Merdeka) Proyek Kemanusiaan yang dilaksanakan di LKSA Pesantren Bismr Al Mustaqim, yang beralamat di Perumahan Dosen Untag Jalan Nginden Baru RT 6 RW 3, VIII A18-B19, Semolowaru Sukolilo, Surabaya. Kegiatan KKN yang akan dilaksanakan ini memberikan edukasi bagaimana pentingnya menjaga kebersihan diri sendiri dan tata cara menjaga kebersihan diri pada Anak di Pesantren Bismar Al Mustaqim.

            Selama berada dipesantren anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) kurang dalam memperhatikan kebersihan untuk diri sendiri. Untuk membangun dan membentuk individu yang sadar akan pentingnya kebersihan diri sendiri. Anak-anak harus memiliki kesadaran, individu yang memiliki kesadaran akan kebersihan akan selalu menjaga kebersihan dimanapun dan kapanpun.

            Untuk tercapainya tujuan tersebut kegiatan ini dilakukan dengan metode psikoedukasi dengan memberikan sosialisasi terkait dengan bagaimana pentingnya menjaga kebersihan diri sendiri. Kebersihan diri merupakan faktor penting dalam usaha pemeliharaan kesehatan, agar selalu dapat hidup sehat dan terhindar dari penyakit, menjaga kebersihan juga penting dan harus diperhatikan karena memiliki pengaruh untuk fisik dan psikis. Kegaitan ini untuk menanamkan sikap kepada anak-anak untuk memperhatikan kebersihan diri sendiri, jika anak-anak memperatikan kebersihan diri sendiri mereka juga akan memperhatikan kebersihan lingkungan. 

dokpri
dokpri

Kegiatan KKN mempunyai program kerja salah satunya adalah membuat psikoedukasi dengan metode sosialisai yang berkaitan dengan pelatihan bagaimana cara menjaga dan pentingnya menjaga kebersihan diri sendiri. Dengan memberikan sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman dan meningkatkan akan kesadaran tentang kebersihan diri. Serta dengan adanya kegiatan KKN di LKSA Pesantren Bismar Al Mustaqim dapat merubah perilaku anak-anak akan pentingnya menjaga kebersihan diri dengan tujuan mereka dapat melakukan atau menjalankan kebersihan diri dimulai sejak sekarang. Sehingga Ketika mereka beranjak dewas anak akan tumbuh menjadi sosok yang selalu menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan dimanapun mereka berada.

dokpri
dokpri

Setelah adanya kegiatan KKN ini anak-anak di Pesantren Bismar mulai menerapkan kebersihan diri seperti mencuci tangan sebelum makan dan lain-lain serta berdampak positif bagi LKSA Pesantren Bismar Al Mustaqim. Dengan kegiatan ini dan telah menyelesaikan kegiatan KKN  berharap mendapat ilmu dan pengalaman selama menjalankan kegaiatan KKN di LKSA Pesantren Bismar Al Mustaqim.

#UntagSurabaya#KitaUntagSurabaya#UntukIndonesia#UntagSurabayaKeren#EcoCampus#Kampuskompeten#MERDEKABELAJA#KAMPUSMERDEKA#MBKMPROYEKKEMANUSIAAN

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan