Mohon tunggu...
Cristina Balqis
Cristina Balqis Mohon Tunggu... What doesn't kill you only makes you stronger. Except for zombie bites

IRT yang punya prinsip : What doesn't kill you only makes you stronger. Except for zombie bites

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ini Pengabdian Nyata Para Istri Politisi Demokrat

17 Januari 2019   15:37 Diperbarui: 17 Januari 2019   15:37 0 1 2 Mohon Tunggu...
Ini Pengabdian Nyata Para Istri Politisi Demokrat
sumber: situs Demokrat

Saya kini sudah paham, bagi Demokrat yang jabatan adalah amanah, adalah pengabdian bagi rakyat.  Makanya seluruh kader Demokrat selalu melaksanakan prinsip ini dalam kesehariannya. Tak terkecuali bagi istri-istri politisi Demokrat di DPR.  Mereka yang berhimpun dalam Persaudaraan Istri Anggota Fraksi Partai Demokrat (PIA FPD) DPR RI, juga terus membantu kerja-kerja kerakyatan para suaminya.

PIA FPD DPR RI dipimpin oleh Aliya Baskoro Yudhoyono. Istri dari Edhi Baskoro Yudhoyono ini dengan antusias mengajak istri-istri anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat untuk bergerak di bidang social, untuk melayani masyarakat.

Mereka kerap turun langsung ke daerah bencana untuk menolong para korban. Dalam kondisi harga-harga merokek, FIA FPD memelopori pasar murah di banyak daerah di Indonesia. Bakti sosial yang juga kerap dilakukan FIA FPD adalah berkunjung dan berbagi kasih di panti asuhan, sunatan masal, juga pengobatan gratis bagi warga yang tidak mampu.

Salah satu program unggulan PIA FPD adalah meningkatkan pendapatan rumah tangga rakyat Indonesia. Caranya dengan melakukan program pembinaan UMKM yang diberi nama Mitra Sehati. Melalui program, PIA FPD membantu pengembangan produk UMKM, termasuk memfasilitasi pelatihan terpadu bagi pelaku UMKM.

Dalam pelatihan ini PIA FPD mengundang mengundang berbagai narasumber kompeten dari bidang wastra, kuliner dan kriya untuk membantu meningkatkan produk UMKM diseluruh daerah di Nusantara agar trennya terus berkembang dan berinovasi.

Harapannya dukungan PIA FPD ini dapat membawa manfaat positif bagi pelaku UMKM. Mereka bisa  menyerap seluruh informasi, menambah pengalaman, meningkatkan pengetahuan, ide dan kreativitas untuk kemudian di implementasikan atau dijalankan didaerahnya masing-masing.

Langkah besarnya  slogan 'one village, one product' sebagaimana yang dulu dicanangkan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono semasa menjabat Presiden RI ke-6 dapat terus diterapkan tidak hanya berdasarkan kuantitas tapi juga kualitas.

sumber: situs Demokrat
sumber: situs Demokrat
Tapi yang paling luar biasa, semua kegiatan sosial yang dilakukan PIA FPD ini pakai sistem urunan, pakai uang dari saku sendiri. Padahal, sebagai perkumpulan istri-istri pejabat mereka bisa saja minta tolong ke sana-sini, atau mengajukan proposal ke sana-sini.

Tapi itu tidak mereka lakukan. Aliya Baskoro Yudhoyono dan kawan-kawannya benar-benar menjaga nama baik suami-suami mereka. Karena niat kegiatan ini baik, maka lebih baik bila mereka tangani dengan uang sendiri.

Semua yang dilakukan PIA FPD ini menurut saya adalah bentuk cinta kasih mereka kepada ralyat Indonesia. Ini bentuk kepedulian mereka kepada rakyat Indonesia yang sedang kesusahan. Salut untuk mereka. Salut untuk Demokrat yang sudah sukses mencetak keluarga kader-kader Demokrat yang benar-benar mengutamakan rakyat.

VIDEO PILIHAN