Mohon tunggu...
Kris Fallo
Kris Fallo Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Buku Jalan Pulang, Penerbit Gerbang Media, 2020

Menulis itu pekerjaan keabadian. Pramoedya Ananta Toer berkata:  'Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.' Lewat tulisan kita meninggalkan kisah dan cerita yang tak akan sirna.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Herigate of Toba, Pilihan Wisata yang Tiada Duanya

23 September 2021   17:56 Diperbarui: 23 September 2021   18:28 106 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Herigate of Toba, Pilihan Wisata yang Tiada Duanya
Gambar.anekatempatwisata.com./ Panorama Danau Toba dengan sarana transportasi

Bicara tentang Danau Toba tentu pikiran dan pusat perhatian kita tertuju ke Provinsi Sumatera Utara. Di sanalah terdapat danau alam yang berada di kaldera Gunung Supervulkan.

Danau Toba memiliki panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer, dan kedalaman 505 meter, menjadi pilihan wisata yang cukup diminati oleh para wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Dari sekian banyak destinasi wisata di Indonesia, Danau Toba, menjadi salah satu pilihan yang menjanjikan bagi para wisatawan. Kita dapat menyaksikan pemandangan sekitar yang hijau, air yang jernih, pokoknya menghadirkan hadirkan surga dunia yang layak untuk dinikmati.

Menurut catatan sejarah, Danau Toba terbentuk akibat letusan dahsyat Gunung Toba yang meletus sekitar 74.000 tahun yang lalu. Kata Toba, sendiri artinya gunung.

Destinasi wisata ini, mestinya terus dijaga dan dipelihara bahkan terus di tingkatkan sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang bertandang. Ada banyak hal bisa dikembangkan di sekitar lokasi Danau Toba di antaranya:

1. Penginapan di sekitar lokasi Danau Toba. Pada umunya yang dipikirkan wisatawan sebelum mengunjungi tempat wisata tertentu adalah penginapan. Oleh karena itu perlu dilembangkan penginapan yang nyaman dan bertaraf internasional.

Gambar.travelokezone.com/Kearifan lokal yang bisa dikmati oleh para wisatawan
Gambar.travelokezone.com/Kearifan lokal yang bisa dikmati oleh para wisatawan
2. Kearifan lokal juga perlu disediakan di sekitar lokasi. Misalnya makanan khas, atau kain tenunan setempat. Para pengunjung tidak hanya menikmati keindahan alam, tetapi juga bisa menikmati kearifan lokal setempat. Perlu disediakan aneka souvenir khas daerah setempat.

3. Hal lain yang harus diperhatikan adalah suasana di sekitar lokasi Danau Toba. Lingkungan sekitar yang nyaman, rertatata, bersih, asrih. Hal ini menjaid daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin menikmati panorama alam Danau Toba.

4. Perlu juga dipikirkan ketersediaan jejaring yang menjangkau semua, di sekitar lokasi. Akses jalan, ketersediaan internet, selain itu disediakan transportasi yang nyaman, agar pengunjung dengan leluasa danau yang indah itu.

Sejatinya kita mestinya mengakui bahwa potensi pariwisata danau Tobasangat layak untuk dikembangkan menjadi Destinasi Pariwisata Nasional (DPN), karena daya tarik wisata yang dimilikinya cukup banyak, mulai dari potensi alam, budaya serta kesenian yang unik dan khas.

Gambar.pegipegi.com/ Hotel di sekitar Danau Toba untuk penginapan wisatawan
Gambar.pegipegi.com/ Hotel di sekitar Danau Toba untuk penginapan wisatawan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan