Mohon tunggu...
Kris Fallo
Kris Fallo Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Buku Jalan Pulang, Penerbit Gerbang Media, 2020

Menulis itu pekerjaan keabadian. Pramoedya Ananta Toer berkata:  'Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.' Lewat tulisan kita meninggalkan kisah dan cerita yang tak akan sirna.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Waralaba, Peluang Bisnis yang Menjanjikan Keuntungan

22 September 2021   16:19 Diperbarui: 22 September 2021   17:59 116 11 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Waralaba, Peluang Bisnis yang Menjanjikan Keuntungan
Gambar: KFC Atambua

Jika kita menjumpai produk merek tertentu dari luar  daerah atau negara tertentu yang dipasarkan di tempat kita, maka sudah bisa dipastikan itulah bisnis wiralaba.

Secara umum, bisnis waralaba merupakan salah satu model bisnis yang berjalan antara pemilik label atau merek dengan pemodal. Pemilik merek tersebut memberikan hak untuk menjalankan usahanya termasuk penggunaan merek sesuai dengan ketentuan yang disepakati.

Dengan sistem waralaba, pemilik modal tidak perlu membangun merek dan sistem kerja bisnis dari awal. Pemodal cukup menggunakan brand yang sudah ada, yang sudah dikenal oleh masyarakat, dan sudah dipertahankan bertahun-tahun

Di tempat saya, ada beberapa wiralaba yang pernah laris manis, makanan Kuch Kuch Hotahu, KFC, Jabalmart, aneka kuliner, dan jenis produksi lainnya.

Ada sejumlah keuntungan yang diperoleh bagi pewaralaba yakni:

1. Pengguna brand tidak lagi merintis usaha dari nol. Ia cukup menggunakan mereka yang sudah dikenal oleh konsumen. Kita tahu bahwa merintis usaha tentu tidak mudah. Harus diikuti dengan promosi produk. Kita juga bersaing dengan pelaka usaha yang lain. Dengan adanya brand yang sudah dikenal dan terpercaya maka kita tinggal menggunakannya saja.

2. Sistem dan manejemen sudah tertata
Dengan menggunakan brand yang sudah ada, dipastikan sistim dan manejemennya sudah tertata. Pewaralaba tinggal menggunakan dan menjalankan usaha yang ada. Pengusaha sangat terbantu dan tinggal melanjutkan apa yang sudah ada.

Gambar: KFC.Atambua
Gambar: KFC.Atambua
3. Bisnis waralaba biasanya memiliki peluang sukses yang lebih cepat karena liputan media yang baik dan juga sudah memiliki pasar dan konsumen yang setia. Biaya modal yang dikeluarkan juga terukur karena pasokan sumber daya dan strategi pemasaran yang sudah matang dari franchisor. Baik pemilik brand dan pengguna brand sudah tahu besaran keuntungan dan besaran modal yang dibutuhkan.

Memang tidak mudah merintis usaha, apa lagi dimasa pandemi. Point pertama yang dibutuhkan adalah niat untuk memulai, didukung oleh keseriusan. Tidak hanya itu saja, aspek lain yang diturut mendukung adalah kerja sama dengan pemilik label yang notabene sudah dikenal luas oleh masyarakat.

Tentu ada konsekwensinya, misalnya keuntungan harus dibagi, pemilik label turut mengontrol, dan kita juga bergantung pada merek yang kita gunakan. Itulah konsekwensi bila kita ingin masuk dalam dunia waralaba.

Jadi, Waralaba, Peluang Bisnis yang Menjanjikan Keuntungan bagi Pewaralaba, tergantung bagaimana kesepakatan antara pemilik label dan pelaku usaha. Waralaba cocok untuk pebisnis pemula.

Atambua, 22.09.2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan