Mohon tunggu...
Kris Fallo
Kris Fallo Mohon Tunggu... Mahasiswa Sekolah Tinggi Pastoral Santo Petrus Kefamenanu TTU Jurusan Pendidikan Agama Katholik

Menulis itu pekerjaan keabadian. Pramoedya Ananta Toer berkata:  'Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.' Lewat tulisan kita meninggalkan kisah dan cerita yang tak akan sirna.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Firman-Mu adalah Kebenaran

15 Mei 2021   14:11 Diperbarui: 15 Mei 2021   14:39 188 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Firman-Mu adalah Kebenaran
Gambar.tempusdei.id./Paus Fransiskus ketika Berkunjung ke Irak

"Renungan Minggu 16 Mei 2021, Hari Komunikasi sedunia Ke-55"

Hari ini kita merayakan Hari Komunikasi Sedunia ke-55 dengan tema, "Datanglah dan Lihatlah." Tema Komunikasi Sedunia tahun ini merupakan sebuah ajakan, undangan untuk datang dan menjumpai  orang lain apa adanya. Kita perlu keluar dari diri kita sendiri, pergi melihat sendiri, tinggal bersama mereka, mendengar keluhan mereka, merasakan apa yang mereka rasakan.

Kita diajak untuk datang dan melihat sendiri. Dunia sekarang merupakan dunia digital. Ada kecendrungan untuk tinggal di tempat dan menjadi penonton di depan layar tanpa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di lapangan. 

Sama seperti Yesus, Ia mengajak para murid untuk datang dan melihat sendiri, Para murid bertanya, "Rabi dimanakah Engkau tinggal?" jawab Yesus, "Datanglah dan lihatlah" (Yoh.1:39)

Sesuai dengan  amanat Injil hari ini, pada Hari Komunikasi Sedunia ke-55,  point penting yang harus digaris bawahi adalah kebenaran. Kebenaran adalah dasar dari komunikasi.

1. Kita perlu menyampaikan berita yang benar. Jangan menyebarkan berita bohong atau hoaks

2. Kita perlu menyampaikan berita secara jelas, agar tidak terjadi salah pengertian dan salah tafsir. Mengatakan sejujurnya dan mengatakan terus terang. Bicaralah fakta dan bukan opini.

Kisah injil hari ini juga berbicara tentang Doa Yesus kepada Bapa-Nya; "...Dalam perjamuan terakhir, Yesus menengadah ke langit dan berdoa kepada Bapanya...".

1. Ini adalah satu bentuk komunikasi, Yesus dengan Bapa-Nya. Yesus berkomunikasi dengan Bapa-Nya lewat doa. Yesus mau menyadarkan dan mengajarkan kita bahwa Doa merupakan bentuk komunikasi atama kita dengan Allah. Lewat doa kita dapat berbicara dengan Bapa dan kitapun sampai kepadaNya.

2. Yesus mengatakan, "..Kuduskanlah mereka dalam kebenaran, Sebab firmanMu adalah kebenaran." Kebenaran hakiki ada pada Allah, firmanNya adalah kebenaran. Kita menjadikan firman Tuhan sebagai pedoman hidup kita. Firman Tuhan adalah pelita bagi jalan hidup kita karena firman Tuhan adalah kebenaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN