Mohon tunggu...
Kris Fallo
Kris Fallo Mohon Tunggu... Mahasiswa Sekolah Tinggi Pastoral Santo Petrus Kefamenanu TTU Jurusan Pendidikan Agama Katholik

Menulis itu pekerjaan keabadian. Pramoedya Ananta Toer berkata:  'Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.' Lewat tulisan kita meninggalkan kisah dan cerita yang tak akan sirna.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Literasi Pertanian, Tingkatkan Produktivitas Petani Tomat di Masa Pandemi

22 Februari 2021   22:09 Diperbarui: 22 Februari 2021   22:39 245 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Literasi Pertanian, Tingkatkan Produktivitas Petani Tomat di Masa Pandemi
foto.dok.pribadi/bapak John dan perkebunan tomat miliknya

Percayalah, perjuangan tidak pernah mengkhianati hasil. 

Hari ini saya melihat langsung lahan pertanian tomat milik John Tubani, seorang guru swasta di Kabupaten Belu. Sungguh luar biasa. Saya diajak berkeliling, sambil bincang-bincang ringan, seputar budidaya tomat yang dikembangakan dengan sistem pertanian inovatif di masa covid.

"Saya mulai mengembangkan budidaya tomat, semenjak pertengahan Maret 2020, saat wabah virus corona melanda dunia, termasuk kita. Selain menambah penghasilan, tetapi juga menjadi tempat rekreasi" Katanya.

"Di sini saya menemukan banyak ide, jadi tempat ini menjadi sumber inspirasi bagi saya." Kata guru teater SMAK Surya Atambua.

Masa pandemi yang mengharuskan kita diam di rumah, ternyata tidak membuatnya kehabisan akal, tetapi justru pandemi covid melahirkan ide-ide kreatif dan produktif untuk pengembangan diri dan juga menambah penghasilan bagi keluarga.

foto.dok.pribadi/proses pembibitan
foto.dok.pribadi/proses pembibitan
Kalimat yang sama yang pernah saya dengar dari beberapa teman adalah, "tantangan wabah virus corona jangan sampai mematikan kreatifitas kita, tetapi justru lebih banyak waktu di rumah, menjadi peluang tersendiri untuk mengembangkan minat atau hobi, termasuk bercocok tanam.

Budidaya tomat sudah berlangsung semenjak Maret 2020 yang lalu. Sampai saat ini terhitung sudah tiga kali panen, dengan hasil lumayan, menambah penghasilan keluarga. Sebagai guru swasta, tentu kita tidak bisa berharap pada gaji yang diperoleh apa lagi masa covid, tetapi lewat pengembangan pertanian, bisa menambah pendapatan dalam rumah tangga.

John mengatakan bahwa pengalaman mengembangkan pertanian khususnya budidaya tomat, bukan tanpa kendala misalnya, soal hama, harga pasaran yang fluktuatif, tetapi kendala yang dihadapi menjadi point pembelajaran penting sehingga persoalan yang dihapai ke depan tidak terulang.

Literasi Pertanian yang inovatif

Sistem pertanian inovatif yang dikembangkan oleh John, adalah bagian dari literasi pertanian yang dikembangkan dengan gaya modern berdampak positif bagi masyarakat sekitar. Ada beberapa orang ikut termotivasi dan telah mengembangkan sistem pertanian yang sama, setelah menyaksikan dari dekat cara kerja dengan pola pertanian moderen dan inovatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x