Mohon tunggu...
Kris Fallo
Kris Fallo Mohon Tunggu... Mahasiswa Sekolah Tinggi Pastoral Santo Petrus Kefamenanu TTU Jurusan Pendidikan Agama Katholik

Menulis itu pekerjaan keabadian. Pramoedya Ananta Toer berkata:  'Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.' Lewat tulisan kita meninggalkan kisah dan cerita yang tak akan sirna.

Selanjutnya

Tutup

Politik

Komjen Sigit Probowo, Calon Kuat Kapolri, Katanya karena Faktor Kedekatan: Sebuah Asumsi Amat Prematur

12 Januari 2021   22:55 Diperbarui: 12 Januari 2021   23:05 157 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Komjen Sigit Probowo, Calon Kuat Kapolri, Katanya karena Faktor Kedekatan: Sebuah Asumsi Amat Prematur
liranews.com

"Amat prematur bila kita hanya menilainya dari segi kedekatan dan mengesampingkan prestasi yang pernah diraih"

Beragam spekulasi soal pergantian Kapolri Jendral Idham Azis akhirnya terjawab. dari 5 calon yang diserahkan Komisi Kepolisian Nasional ( kompolnas) yang diketuai oleh mahfud MD, Presiden Joko Widodo, akhirnya menunjuk Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri baru pengganti Jenderal Pol ldham Azis sebagai Kapolri yang akan pensiun 30 Januari 2021.

"Pak Jokowi nasionalismenya oke kalau Mas Sigit (dipilih-red). Memang saya dengar dari orang-orang dia di Solo, sudah tiga hari yang lalu sudah final, seminggu lalu dia sudah dipanggil Jokowi, tapi kita lihat saja, buktinya nanti." 

Ujar Anggota Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan kepada SINDOnews, Senin (11/1/2021).

Sigit yang hingga kini memegang jabatan Kabareskrim Polri, akan menjalani fit and propert test oleh Komisi III DPR RI pada pekan ini. Bila dinyatakan layak maka dipastikan akan dilantik pada Februari mendatang.

Opini publik mengatakan penunjukan Sigit menjadi calon kapolri karena kedekatannya dengan Jokowi. Ia pernah menjabat sebagai Kapolres Solo, sewaktu Jokowi menjadi Walikota Solo 2011 silam. Beliau juga pernah menjadi ajudan Jokowi, saat presiden masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta.

Mungkin asumsi ini benar, tetapi rasanya terlalu prematur bila kita hanya menilainya dari segi kedekatan dan mengesampingkan prestasi yang pernah diraih oleh mantan Kapolda Banten itu.

Mestinya kita fair dalam menilai. Prestasi menonjol yang pernah diraih ketika menjabat kabaresrim adalah:

1. Kasus Djoko Tjandra
Listyo Sigit Prabowo berhasil membongkar kasus Djoko Tjandra. Dia berhasil menangkap Djoko Tjandra di Malaysia sebagai buronan kasus korupsi pengalihan hak tagih atau cessie Bank Bali.

2. Kasus kebakaran gedung Kejagung
Listyo Sigit Prabowo berhasil menetapkan tersangka atas kasus kebakaran gedung Kejaksaan Agung (Kejagung).


3. Kasus Korupsi
Listyo Sigit Prabowo telah berhasil menangani kasus korupsi. Dia beserta jajarannya menyelamatkan uang negara sebesar Rp 310.817.274.052. Terdapat 485 perkara korupsi yang berhasil ditangani.

4. Kasus Narkoba dan Sabu
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo dan jajarannya berhasil mengungkap narkoba jenis sabu sebanyak 1,2 ton. (dilansir dari Suara.com, 12/01/2021)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN