Mohon tunggu...
Cristin Chandra
Cristin Chandra Mohon Tunggu... Mahasiswa

Communication Science 19' UAJY

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Tahan Godaan Belanja dengan Mengikuti Subkultur Minimalis, Yuk!

20 Maret 2021   21:22 Diperbarui: 20 Maret 2021   21:33 248 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tahan Godaan Belanja dengan Mengikuti Subkultur Minimalis, Yuk!
sumber: amazon.com

Apa yang kalian pikirkan jika membahas mengenai "budaya populer"?

Pasti kalian langsung berpikiran kearah sesuatu yang sedang trend dimasyarakat. Iya betul sekali, karena hal tersebut masuk kedalam salah satu definisi yang dikemukakan oleh Storey dan juga sekaligus salah satu dari lima karakteristik budaya populer.

Menurut definisi pertama dari Storey (2015, h. 5), budaya populer adalah budaya yang disukai oleh banyak orang secara luas. Tetapi, sebenarnya ada lima definisi lagi mengenai budaya populer menurut Storey  dalam bukunya yang berjudul Cultural Studies.

Selain ada beberapa definisi, budaya populer juga memiliki beberapa karakteristik yaitu tren, keseragaman, adaptabilitas, durabilitas dan profitabilitas.

sumber: amazon.com
sumber: amazon.com

Setelah kalian mengetahui beberapa definisi budaya populer beserta karakteristiknya, contoh apa yang menurut kalian termasuk dalam budaya populer?

Fashion merupakan salah satu genre yang dari dulu sampai sekarang masih populer di dunia. Semua orang tentu menggunakan fashion namun mungkin fashion yang digunakan tiap orang masing-masing berbeda, tergantung gaya hidup masing-masing. Fashion saat ini sudah semakin berkembang, semakin berinovasi dan masing-masing jenis fashion memiliki ciri khas masing-masing. Ada beberapa jenis fashion style wanita yang sering digunakan seperti crochet, suit up, ruffle, pleats, puffed sleeves, denim skirt, flare pants dan masih banyak lagi (blogunik.com).

Fashion kerap kali dikaitkan dengan busana karena sifatnya yang tidak tetap, padahal fashion dapat mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan adornment, style maupun dres (Trisnawati, 2011). Banyak sekali identitas yang terdapat dalam fashion seperti status sosial, gaya hidup, bentuk ekspresi diri.

Oleh karena itu, banyak dari kita yang selalu mengikuti perkembangan fashion sehingga selalu membeli barang-barang yang mungkin belum terlalu dibutuhkan namun dikarenakan hanya ingin mengikuti tren saja. Terkadang kita hanya ikut-ikutan saja dan mungkin barang-barang itu hanya akan dipakai sekali atau dua kali setelahnya hanya menjadi pajangan saja dilemari.

Konsumerisme adalah kata yang cocok untuk mendeskripsikannya. Konsumerisme merupakan bentuk budaya yang cukup banyak diterapkan pada kehidupan masyarakat saat ini. Masyarakat saat ini lebih mementingkan keinginan untuk pribadi bukan kebutuhan pribadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x