Mohon tunggu...
Credentia Gisela
Credentia Gisela Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Sedang berada di semester lima dan sedang mencoba untuk tetap produktif. Sambil diikuti, sambil dilihat kontennya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ayo, Kenalan dengan Komunitas Kejar Mimpi! Berikut Langkah-langkahnya

18 Maret 2021   18:18 Diperbarui: 18 Maret 2021   18:58 385 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ayo, Kenalan dengan Komunitas Kejar Mimpi! Berikut Langkah-langkahnya
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hidup di tengah masyarakat tentu membuat kita mengenali keberagaman cara hidup masing-masing orang. Dari cara hidup yang berbeda, kadang muncul masalah sedikit demi sedikit. Contoh sederhananya, tetangga kita yang tidak suka mendengar kita menyetel musik di rumah terlalu keras atau daun kering berserakan di halaman rumah kita padahal pohonnya bukan milik kita. Masalah yang semula kecil dan sedikit, lama-lama bisa menjadi besar ketika menyangkut banyak orang, bahkan sekelompok masyarakat. Untuk bisa mencari jalan keluar dan menangani masalah yang mempengaruhi masyarakat tertentu, analisis sosial menjadi jawabannya. Namun demikian, analisis sosial tidak selalu ditujukan untuk menyelesaikan masalah. Bisa juga sekadar untuk mempelajari kondisi sosial yang ada di tengah sekelompok orang.

Dalam mata kuliah Analisis Sosial yang saya ambil pada semester 4 ini, saya beserta kedua teman saya, Mikhael dan Adelard, memilih untuk menganalisis komunitas Kejar Mimpi. Agar proses analisis sosial dapat berjalan dengan lancar dan akurat, diperlukan data-data faktual berkaitan dengan komunitas yang diteliti. Ada sejumlah langkah yang perlu kami lakukan, seperti memantau media sosial dan situs resmi, serta menghubungi pihak terkait komunitas tersebut.

Tahapan pertama yang kami lakukan adalah persiapan. Sebelum memilih komunitas Kejar Mimpi, kami menggali media sosial dan internet untuk mencari komunitas yang dilihat cocok untuk dianalisis. Hal yang menjadi poin utama kami adalah pada keaktifan media sosialnya. Dikarenakan kegiatan analisis sosial dilakukan secara online, maka kami turut mencari komunitas yang aktif secara online juga. Kami menemukan komunitas Kejar Mimpi di platform Instagram dan memilih Kejar Mimpi cabang Yogyakarta sebagai target utama kami. Selanjutnya, kami juga mengulik data melalui situs resmi mereka, yakni www.kejarmimpi.id.

Berdasarkan kedua platform yang kami teliti -- Instagram dan website resmi -- kami mendapati sejumlah informasi. Diinisiasi oleh salah satu bank ternama yaitu CIMB Niaga, Kejar Mimpi merupakan gerakan sosial yang mempunyai visi membentuk generasi muda Indonesia secara positif dalam menerapkan nilai hidup lewat pengembangan dan motivasi diri yang baik, agar mampu memberikan nilai baru untuk memajukan Indonesia. Gerakan sosial ini sesungguhnya adalah kelanjutan konsep dari brand promise CIMB Niaga yang disebut Forward. Tujuannya adalah fokus pada peranan dalam mendukung masyarakat Indonesia berkembang di beragam aspek di setiap jenjang kehidupan, serta terus maju dalam mencapai keinginan dan mimpi.

Kejar Mimpi memiliki fokus pada kegiatan di bidang pendidikan, lingkungan, pembangunan ekonomi sosial, dan filantropi. Sejak pandemi, kegiatan yang diadakan oleh komunitas Kejar Mimpi antara lain online competition, online mentoring, podcast Nyambi (Ngobrol Nyaman ala CIMB), online talkshow dengan pebisnis, dan masih banyak lagi. Kebanyakan, tema yang diusung pada kegiatan-kegiatan daring ini adalah seputar bisnis dan ekonomi.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail lagi, kami berencana untuk melakukan wawancara langsung dengan pengelola komunitas Kejar Mimpi cabang Yogyakarta. Jika memungkinkan juga, kami akan bergabung dengan komunitas tersebut untuk melihat secara langsung interaksi dan kegiatan yang berlangsung di tengah anggotanya. Hingga saat ini, langkah terakhir yang telah kami lakukan adalah menghubungi komunitas Kejar Mimpi melalui direct message Instagram dan menerima informasi mengenai kontak Whats App yang dapat kami hubungi untuk menyerahkan surat pengantar dari kampus dan mencari informasi lebih lanjut. Wah, jadi tidak sabar buat semakin mengenal komunitas Kejar Mimpi ini!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan