Mohon tunggu...
Ayu Setia
Ayu Setia Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Simple Person | Belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Kiat Khusus Memilih Warna Cat Tembok

14 Agustus 2014   18:25 Diperbarui: 18 Juni 2015   03:34 189 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Warna rumah sangat menentukan suasana dan penampilan rumah. Dengan warna cat yang tepat, hunian akan terlihat cantik dan tembok hunian juga akan terlindungi dgn baik. Namun apakah ada kriteria pemilihan cat tembok untuk di aplikasikan di dinding rumah?

Setidaknya ada 2 macam besar cat tembok menurut tempat aplikasinya, yaitu cat interior dan cat eksterior. Cat interior lebih memperhatikan sisi estetika sedangkan cat eksterior mempunyai penekanan yang lebih terhadap fungsi protektifnya. Cat interior tidak dpt digunakan untuk eksterior, namun cat eksterior gak masalah bila digunakan utk interior.

Secara umum, terdapat kriteria cat tembok yang baik, yaitu :

Cat tembok memiliki pigmen warna yg tahan lama sehingga warna cat ngga tidak sulit berubah.

Daya rekat cat bagus, artinya cat tidak mudah mengelupas dari tembok sehingga tahan hingga usia 4 tahun atau lebih.

Daya tutup cat tembok hrs bagus.Jika daya tutup bagus, maka warna cat tembok akn tidak sulit rata. Selain itu jg akn memberikan perlindungan yang baik terhadap tembok.

Cat tembok gak mengandung bahan kimia yg berbahaya. Bahan kimia berbahaya dlm cat dpt memunculkan beragam penyakit, seperti kanker serta penyakit pernafasan. Indikasinya yg paling mudah merupakan jika tercium bau cat yg membuat pusing, maka cat tersebut jangan digunakan.

Pilihlah cat yang memiliki kesesuaian dengan cat sebelumnya, agar warna cat tembok yg baru sesuai dgn warna cat yang lama.

Cat harus tahan terhadap perubahan cuaca.

Untuk cat interior, perhatikan kehalusan penampilan warnanya. Selain itu jg hrs mudah dibersihkan agar perawatannya tidak merepotkan. Cat tembok interior juga tahan terhadap kelembaban serta tak ditumbuhi jamur. Kelembaban akn merubah warna cat, sedangkan jamur akan merusak cat.

Untuk cat eksterior, selain utk fungsi estetika, jg mempunyai fungsi perlindungan terhadap tembok dari terpaan cahaya matahari serta cuaca. Perubahan cuaca dan terpaan cahaya matahari bisa memunculkan kerusakan. Air hujan dpt merembes dari celah tembok yg rusak. Inilah pentingnya cat eksterior yg tahan terhadap cuaca. Tembok menjadi gak gampang rusak.

Sedangkan utk pemilihan warna cat, disesuaikan dengan selera dan gaya hunian anda..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan