Mohon tunggu...
Corona Prevention Info
Corona Prevention Info Mohon Tunggu... @cotion.info

Memberikan informasi, sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan kesadaran milenial terhadap COVID-19

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Digital Campaign hingga Penempelan Banner untuk Meningkatkan Kesadaran Milenial terhadap Covid-19

14 Juli 2020   07:42 Diperbarui: 14 Juli 2020   07:47 37 1 0 Mohon Tunggu...

Berawal dari tugas mata kuliah proyek komunikasi yang tidak dapat dilaksanakan dilapangan karena adanya pandemi Covid-19 membuat mahasiswa harus memutar halauan agar tugas tetap terlaksana namun tetap menaati protokol kesehatan supaya tetap aman dimasa pandemi ini.

Kegiatan yang dilakukan pun harus dilaksanakan secara digital seperti melalui sosial media atau pun media-media lainya. Salah satu tim proyek komunikasi dengan judul kegiatan "kampanye "corona prevention info"  meningkatkan kesadaran terhadap covid-19 melalui sosial media instagram" membuat digital campaign untuk meningkatkan kesadaran terhadap covid-19 tidak hanya digital campagin namun juga melakukan penempelan banner yang dibantu oleh karang taruna.

Digital campaign yang dilakukan cotion.info yaitu yang pertama melalui media sosial instagram, pemilihan media sosial instagram karena instagram adalah media yang digunakan untuk berbagi foto dan video sehingga dianggap pas apabila berkampanye melalui media ini, sebab dalam kampanye yang cotion.info lakukan yaitu menggunakan desain sebagai konten kampanye, menggunakan desain karena informasi yang diberikan menggunakan gambar dan tulisan akan lebih menarik perhatian setelah perhatian didapatkan maka diharapkan pesan dalam desain dapat tersampaikan sehingga mampu mengedukasi, tema yang diangkat dalam desain tersebut yaitu seputar Covid-19 seperti pengenalan covid-19, bagaimana penyebaran serta ketahanan  virus, tips-tips pencegahan, informasi seputar covid-19 dari pemerintah, hingga fenomena yang muncul selama pandemi covid-19.

Tidak hanya melalui instagram digital campaign dilakukan namun melalui media Kompasiana dengan cara melakukan penulisan artikel seputar tema besar yang dianggkat yaitu Covid-19. Penulisan artikel ini berisi tentang penjelasan mengenai tema besar yang diangkat seperti penulisan artikel tentang hal-hal yang harus diperhatikan saat bepergian, pentingnya menggunakan masker dan kenali jenis-jenis masker, ajakan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tips pencegahan setelah bepergian, dan tips naik ojek online disaat new normal.penulisan artikel ini dilakukan setiap satu minggu sekali dan diposting setiap hari selasa dialamat kompasiana.com/cotion.info. Digital campaign yang dilakukan oleh cotion.info yaitu ada dua, yang pertama melalui sosial media instagram dan yang kedua melalui publikasi artikel diKompasiana, kegiatan digital campaign cotion.info ini dilakukan selama bulan Mei hingga Juni 2020.

Setelah digital campaign selesai cotion.info melakukan penempelan bannr agar jangkauan desain yang dibuat cotion.info lebih luas. Namun kegiatan ini tidak dapat dilakukan secara langsung oleh cotion.info sehingga meminta bantuan karang taruna didusun Kenaruhan, Donokerto, Turi, Sleman. Lokasi penempelan ini berjarak 17 Km dari kampus Universitas Amikom Yogyakarta dengan jarak tempuh sekitar 28 menit jika ditempuh menggunakan sepeda motor. 

Proses penempelan banner ini dilakukan pada hari minggu 28 Juni 2020 dengan diserahkan oleh perwakilan dari tim proyek cotion.info kepada kelompok karang taruna yang diterima oleh saudara Setyo Budi. Banyaknya banner yang ditempel yaitu sebanyak 8 buah banner yang kemudian ditempel di 8 titik didusun tersebut. Dalam proses penempelan banner ini dilakukan oleh 5 orang agar tidak membuat kerumunan dan saat menempelkanya pun menaati protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker.

Penempelan banner ini disasarkan kepada kelompok karang taruna yang kebanyakan kelompok milenial, yang diharapkan kelompok ini dapat mengedukasi orang-orang disekitarnya. 

Dengan menyasar kelompok karang taruna kemudian kelompok tersebutr menempelkan banner dan dilihat oleh masyarakat sekitar maka cotion info telah mencapai tujuan kegiatanya karena tujuan cotion.info yaitu memberikan informasi, sosialisasi, dan edukasi kepada kelompok milenial untuk meningkatkan kesadaran terhadap covid-19 dan kelompok milenial menjadi kelompok yang mampu memberikan informasi, sosialisasi dan edukasi kepada orang-orang disekitarnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x